Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja Fiktif di Perusahaan Migas

Kantor SKK Migas
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan

VIVA.co.id – Penipuan lowongan kerja di perusahaan hulu minyak dan gas bumi kembali marak. Terakhir, terjadi penipuan penerimaan pegawai dengan mengatasnamakan CNOOC, salah satu perusahaan migas asal China, yang kasusnya sudah dilaporkan Kepolisian.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi, menjelaskan, dalam proses rekrutmen oleh SKK Migas maupun perusahaan hulu migas yang menggunakan konsultan rekrutmen yang ditunjuk, tidak pernah dipungut biaya atau pembayaran dalam bentuk apapun. 

Bahkan, SKK Migas dan perusahaan migas tidak pernah menunjuk biro perjalanan (travel agent) tertentu untuk melakukan pemesanan maupun menerima pembayaran dalam bentuk apapun untuk transportasi darat, laut, maupun udara dalam proses rekrutmen.

Simak Syaratnya! Ada Ratusan Lowongan Kerja di Rekrutmen Bersama BUMN 2024

“Jika diminta melakukan pemesanan dan pembayaran dalam bentuk apapun, dipastikan itu penipuan,” kata Amien dikutip dari keterangan resminya, Rabu 14 Juni 2017. 

Dalam kasus terakhir, beredar rekrutmen calon pegawai dari CNOOC. Untuk peserta dari luar Jakarta, diminta mengganti biaya transportasi. Panitia mengklaim bekerja sama dengan agen perjalanan PT Express Tour & Travel dengan penanggung jawab Windarso dengan nomor kontak 0852-9858-1991.

Dukung Produksi, 15 Proyek Migas Siap Beroperasi di 2024

“Kami klarifikasi ke CNOOC, mereka menyatakan tidak ada proses perekrutan pegawai. Jadi ini penipuan,” kata Amien.

Amien berharap, masyarakat yang menerima informasi lowongan kerja di perusahaan migas dapat lebih berhati-hati dan melakukan cek dan ricek agar tidak menjadi korban penipuan. (one)
 

Ilustrasi petugas PT KAI [dok. PT KAI]

PT KAI Buka Lowongan Kerja Syarat Minimal IPK 3,5, Netizen Heboh

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI membuka lowongan kerja untuk management trainee dengan tingkat pendidikan S1. Pendaftaran dibuka mulai 17-22 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024