Pemerintah Jamin Harga BBM Tak Naik Selama Lebaran

Ilustrasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjamin, pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak sebelum Lebaran. Namun, pemerintah tak bisa beri garansi, apakah ada keputusan berbeda usai Lebaran.

INFOGRAFIK: Fakta Kenaikan BBM Bidik Orang Kaya

“Kami tidak akan menaikkan BBM sebelum Lebaran. Setelahnya bagaimana, nanti akan kami lihat,” kata Darmin, dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

Darmin menjelaskan, apabila kenaikan harga minyak dunia tidak direspons dengan kenaikan harga BBM, maka konsekuensi yang harus diambil adalah menaikkan subsidi. Kas keuangan negara pun bisa terpengaruh dengan kebijakan tersebut.

Heboh, 1 Juli Harga BBM Orang Kaya Naik

Sementara di sisi lain, apabila pemerintah menaikkan harga BBM, konsekuensi yang harus diterima adalah tekanan pada Indeks Harga Konsumen, atau inflasi. Meskipun berada dipilihan yang sulit, pemerintah ditegaskan Darmin, mau tidak mau harus mengeksekusi kebijakan tersebut.

“Subsidi naik bisa sampai Rp60 triliun. Kami sudah hitung kalau naik segini, inflasi segini. Memang tidak ada yang enak di dunia ini,” kata mantan Gubernur Bank Indonesia itu.

Pipa BBM Pertamina di Pelabuhan Makassar Bocor

Kendati demikian, keputusan mengenai naik, atau tidaknya harga BBM tetap ada di tangan Presiden Joko Widodo sebagai eksekutor utama. Pemerintah ingin kebijakan yang ditimbulkan tidak berikan dampak negatif pada perekonomian nasional.

“Iya dong (keputusan di Presiden). Nanti, pas sidang Kabinet (akan dibahas). Mudah-mudahan, setelah Lebaran, atau sehari dua hari jelang Lebaran,” katanya.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017, pemerintah mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp77,3 triliun. Angka tersebut, terdiri dari subsidi bahan bakar minyak dan elpiji sebesar Rp32,3 triliun dan subsidi listrik sebesar Rp45 triliun. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya