Uang Kepulauan Seribu Lecek, BI Siapkan Penukaran Rp2 Miliar

uang rusak ditukarkan masyarakat ke Bank Indonesia.
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta akan melakukan kegiatan penukaran uang sekitar Rp2 miliar di wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Hal tersebut dilakukan karena, kondisi uang yang berada di wilayah Kepulauan Seribu sudah lecek dan dimungkin peredaran uangnya tidak sampai keluar ke daerah Kepulauan Seribu.

"Uang di Pulau Seribu sudah jelek banget, kalau dipegang bisa sakit dan karena air asin uangnya jadi rusak," kata Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DKI Jakarta, Doni P Joewono di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Juni 2017.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Biasanya, pada bulan Ramadan menjelang perayaan Lebaran Idul Fitri masyarakat Pulau Seribu kalau mau menukarkan uang baru harus ke menyebrang Pulau dulu.

"Sekarang BI memberikan fasilitas Lebaran kali ini kapalnya muter juga. Karena kasihan orang Pulau Seribu harus ke sini harus biaya," katanya.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Doni menuturkan, kegiatan penukaran uang itu akan dilakukan di lima pulau diantaranya, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Harapan, dimulai tanggal 15-19 Juni 2017.

"Bank Indoneisa juga turut aktif untuk melaksanakan kegiatan kas keliling minimal tiga kali setahun dan terus bekerjasama Bank DKI dan BRI (Bahtera Seva) yang memiliki layanan perbankan di Kepulauan Seribu," ujarnya.

Tentunya, BI akan melakukan kerja sama dengan Polisi Perairan (Polair) agar proses penukaran uang di Kepulauan Seribu berjalan aman.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya