Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 15 Juni 2017 | 15:14 WIB
  • THR PNS Ratusan Satker Pemerintah Sudah Cair

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar,
    • Chandra G. Asmara
THR PNS Ratusan Satker Pemerintah Sudah Cair
Photo :
  • Antara/ Feri Purnama
Pegawai negeri sipil (PNS) saat bersiap ikut upacara beberapa waktu lalu.

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memastikan, Tunjangan Hari Raya bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil telah dicairkan oleh ratusan Satuan Kerja yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sementara gaji ke-13 bagi PNS aktif, akan diberikan pada minggu pertama Juli 2017.

“Sudah ada pencairan. Sudah ada sekitar 800 satuan kerja yang sudah mencairkan,” jelas Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono melalui pesan singkatnya kepada VIVA.co.id, Kamis 15 Juni 2017.

Total Satuan Kerja yang dimiliki pemerintah di berbagai daerah saat ini mencapai 25 ribu. Marwanto mengatakan, pencairan THR akan tetap bergantung pada kecepatan satuan kerja dalam mengajukan surat perintah membayar untuk mencairkan insentif fiskal itu.

Satuan Kerja, pun akan mengajuan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara untuk memfinalisasi sebelum THR dicairkan. Artinya, Marwanto mengatakan, hampir 800 satuan kerja telah mengajukan surat perintah bayar kepada KPPN untk mencairkan THR. 

Hal ini sekaligus mengkonfirmasi terbitnya Peraturan Menteri Keuangan tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Dalam Tahun Anggaran 2017 Kepada Pimpinan dan Pegawai Nonpegawai Negeri Sipil Pada Lembaga Non struktural. Pencairan THR, pun akan langsung dikirim ke penerima.

Sementara itu, untuk pencairan gaji ke-13 bagi pensiunan PNS, baru bisa dicairkan pada awal minggu depan.

“Pensiun ke-13, permintaan SPM (surat perintah membayar) akan dilaksanakan minggu depan,” kata Marwanto.