Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 10:15 WIB
  • Tips Agar Tak Boros Saat Buka Puasa

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Tips Agar Tak Boros Saat Buka Puasa
Photo :
  • Mutia Nugraheni/VIVAnews
Ilustrasi jajanan Buka Puasa

VIVA.co.id – Saat waktu berbuka tiba, orang yang berpuasa biasanya sangat tergoda untuk berbuka puasa dengan hidangan yang lezat-lezat. Akhirnya, banyak yang belanja berlebihan baik itu membeli makanan siap santap atau bahan makanan, meskipun jumlahnya lebih banyak dari yang bisa dikonsumsi. 

Inilah yang disebut dengan lapar mata di mana keputusan belanja seringkali lebih banyak dipengaruhi oleh emosi. 
Dampak langsungnya adalah boros secara finansial. Apalagi jika kebiasaan seperti ini dilakukan terus selama 30 hari berpuasa. 

Bisa-bisa THR yang baru masuk rekening ludes tak bersisa di akhir bulan. Nah, agar tidak boros saat buka puasa, berikut trik yang bisa dilakukan seperti dikutip dari CekAja.com.

1. Rencanakan buka puasa Anda

Untuk membantu mengerem keinginan memborong makanan, sebaiknya rencanakan menu buka puasa Anda sejak siang hari. Dengan begitu, Anda bisa tahu berapa uang yang harus dikeluarkan. 

Cara ini juga mencegah Anda membeli menu atau bahan makanan yang hanya Anda inginkan karena lapar mata. Lebih baik lagi jika Anda mencari lokasi belanja yang bisa memberikan keuntungan seperti diskon kartu kredit dan lain sebagainya.

2. Batasi membawa uang tunai saat ke luar rumah

Saat harus ke luar rumah untuk belanja, sebaiknya batasi jumlah uang yang Anda bawa. Cara ini dijamin bisa mengerem pembelian yang tidak perlu. 

Jangan lupa juga untuk meninggalkan segala macam alat transaksi seperti kartu debit, kartu kredit hingga e-wallet.

3. Masak sendiri menu buka puasa

Ketimbang membeli, memasak dan menyiapkan sendiri menu buka puasa akan jauh lebih menghemat pengeluaran. Ingat, saat Anda akan masak, tentukan juga menu apa yang ingin disantap. Sesuaikan dengan kebutuhan dan bukan didasarkan atas dorongan keinginan semata-mata.

4. Batasi penggunaan sosial media

Sosial media bisa sangat menjebak Anda yang mudah tergoda. Maklum, di sosial media orang terbiasa untuk saling berbagi aktivitas dan pengalaman mereka tak terkecuali soal makanan. 

Menjelang berbuka, biasanya akan banyak postingan mengenai menu buka puasa dari masing-masing pengguna sosial media. Agar Anda tak tergoda dan terdorong untuk belanja hal yang tak penting, batasi penggunaan sosial media.

5. Perbanyak kegiatan saat puasa

Saat berpuasa, jangan mengurangi porsi aktivitas. Sebab, dengan membuat pikiran dan tubuh Anda sibuk, Anda tidak akan punya kesempatan untuk berpikir hal lain seleain beraktivitas. Keuntungan lain, puasa akan terasa lebih cepat berjalan karena Anda disibukkan oleh kegiatan. (ren)