Bandara-bandara ini Beroperasi 24 Jam Saat Mudik Lebaran

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan mengatakan sejumlah bandara akan beroperasi 24 jam pada saat musim mudik lebaran tahun ini. Hal ini untuk mengakomodasi kebutuhan lonjakan penumpang yang diprediksi mencapai 5,4 juta pada masa angkutan lebaran. 

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Direktur Jenderal Perhubungan Udara dari Kemenhub, Agus Santoso, mengungkapkan dari 35 bandara yang beroperasi pada saat lebaran di tanah air, ada yang buka selama 24 jam dan ada juga yang jam operasinya ditambah.

"Yang 24 jam itu khususnya Bandara-bandara besar yang sekarang kita tetapkan yaitu Cengkareng, Denpasar, Surabaya, Makassar, Kualanamu, Samratulangi, dan Halim Perdana Kusuma," kata Agus di kantornya, Jumat 16 Juni 2017. 

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Ia mengatakan, hal ini merupakan upaya dari pemangku kepentingan jasa penerbangan untuk memberi layanan maksimal kepada masyarakat agar bisa pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman, dan nyaman. Selain itu, lanjut Agus, ada beberapa bandara yang operasionalnya ditambah hingga jam 24.00. 

"Ini diantaranya bandara di Semarang, Yogyakarta dan Solo, yang tadinya kan cuma sampai jam 8 malam kami extend sampai jam 24.00," ujarnya. 

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Selain itu, overlay landasan pacu selama masa angkutan lebaran dihentikan. Overlay atau perbaikan landasan, kata dia, biasanya dilakukan setiap hari oleh bandara-bandara besar di Indonesia. 

"Nah, khusus untuk lebaran, semua overlay kami stop. Ini untuk memperpanjang jam pendaratan dari pesawat-pesawat di mudik lebaran," jelasnya. (ren)

Ilustrasi

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Sucikan hati sebelumnya bulan Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2018