Jelang Lebaran, Harga Ayam Potong Meroket

Seorang pedagang ayam sedang melayani pembeli. Menjelang lebaran, harga daging ayam meroket.
Sumber :
  • Viva.co.id/Shintalocca Pradita Sicca

VIVA.co.id – Menjelang perayaan Lebaran Idul Fitri, harga kebutuhan pokok seperti daging dan ayam potong merangkak naik. Seperti di sejumlah pasar tradisional Balikpapan, Kalimantan Timur.

Daftar Harga Pangan 12 September 2023: Bawang Putih dan Cabai Merah Turun

Harga ayam potong tercatat yang paling melonjak dari Rp30 ribu per ekor menembus Rp Rp50 ribu per ekor. Kondisi ini membuat sejumlah pedagang kehilangan pembeli alias sepi. Pedagang pun mengeluh.

Salah seorang pedagang ayam potong, Shaleh mengaku kenaikan harga ini sudah terjadi tiga hari lalu. Sementara, kondisi pembeli sepi sejak H-6.

Harga Ayam di Mandailing Natal Tembus Rp 60.000, Begini Penjelasan Peternak

"Ini sudah tiga hari. Saya enggak tahu kenapa harganya naik," kata Shaleh di pasar tradisional Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, 20 Juni 2017.

Namun, kenaikan harga ini diprediksi akan terus terjadi usai lebaran. Hal ini mengingat momen lebaran yang berimbas kenaikan harga kebutuhan pokok.

Harga Daging Ayam dan Cabai di Sumedang Mahal, Omzet Pedagang Turun hingga 50 Persen

Sementara, Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok seperti pangan jelang lebaran sudah diprediksi. Ia menduga ada spekulan yang memainkan harga. Ia pun meminta agar pihak terkait seperti Kementerian Perdagangan serta pemerintah daerah berkoordinasi terkait persoalan ini.

"Hampir setiap tahun, harga merangkak naik. Biasanya jelang Ramadan. Apalagi mau Lebaran. Harga ya ada yang mencekik," tuturnya.


Laporan: Iqbal Abdullah/Balikpapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya