Tahun Depan Tiket Bus AKAP Harus Online

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • Pius Yosef Mali / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemesanan tiket secara online, kini banyak dilakukan pada moda angkutan umum yang beroperasi. Nantinya, penumpang bus antarkota antarprovinsi pun akan bisa memesan tiket via jaringan internet.

Pemudik Via Kapal Feri Tak Bisa Beli Tiket Online Radius 4 Km dari Pelabuhan

Hal ini seperti dikatakan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang menjadwalkan pesanan tiket bus AKAP online bisa dilakukan pada musim mudik Lebaran tahun depan.

"Bisa (via online). Tahun depan sudah pasti. Saya kasih waktu enam bulan deh," ujar Budi di Jakarta, selasa 20 Juni 2017.

Permudah Registrasi, Pendaki Gunung Marapi Kini Wajib Booking Tiket Online

Meski demikian, saat musim mudik tahun ini pemesanan tiket masih dilakukan secara manual. Pemudik harus mendatangi agen resmi PO Bus yang akan dinaiki untuk memesan tiket perjalanan pulang ke kampung halaman.

"Lebaran ini sistem (online) tidak banyak diketahui orang, itu yang memang kita rasakan. Sistem online pada bus ini belum berjalan efektif, termasuk bayar tiketnya juga (masih) asing," ujar dia.

Layani Angkutan Nataru 2023, ASDP Indonesia Ferry: Semua Tiket Dijual Online

"Makanya, sementara kami tolerir, kan kalau sampai kaku seperti itu kan mereka repot. Kita sadari seperti di terminal Pulogebang, online enggak bisa, belum jalan. Jadi, kami sosialisasikan," ujar Budi.

Agar tiket bus AKAP bisa dipesan online, kata Budi, Kementerian Perhubungan akan melakukan diskusi dengan Organda. Hal ini, termasuk juga untuk membicarakan regulasi dan kebutuhan untuk pemesanan tiket armada secara digital.

"Soal regulasi, kami akan sertai saat diberlakukan di bus-bus. Kami bekerja sama dengan asosiasi, kan kita enggak mau sepihak menetapkan. Organda masih ingin mengelola, tetapi sekarang ini kurang legitimasinya. Kita (akan) bicara lagi dan kasih waktu, kalau sudah tidak bisa lagi, kami kasih ke swasta," ujar Budi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya