Alasan Tak Perlu Takut Kehabisan BBM Saat Pulang Mudik

Kepadatan Tol Cipali Jelang Puncak Arus Balik
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memastikan akan menambah ribuan mobil tangki bahan bakar minyak dalam rangka mengamankan stok dan distribusi bahan bakar minyak selama periode arus balik Lebaran 2017. Mobil tangki tersebut akan disebar di berbagai titik.

Yamaha Luncurkan Skutik Baru dengan Bagasi Besar dan Konsumsi BBM 49 Km/Liter

“Untuk keamanan stok dan distribusi arus balik, Kementerian ESDM bersama pemangku kepentingan kunci sudah menyiapkan mobil tangki BBM sebanyak 2.637 unit,” kata Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Fanshurullah Asa, dikutip melalui keterangan resmi, Jakarta, Jumat 30 Juni 2017.

Selain itu, ESDM pun menyiapkan 71 lokasi kantong BBM, sembilan unit mobil dispenser, 53 lokasi Kiosk Pertamax/AKR 92.10 lokasi serambi Pertamax, dan 83 unit motor Pertamax. Ketersediaan bahan bakar minyak yang mencukupi diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat selama arus balik Lebaran.

Pertamina Jamin Stok BBM saat Lebaran 2024 Cukup, Tak Perlu Panic Buying

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi itu juga mengatakan, pasokan bahan bakar minyak di wilayah jalur utama arus balik menjadi proritas demi mengantisipasi terjadinya kemacetan yang terjadi. Dengan begitu, para pemudik pun tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar minyak.

“Seperti jalur Kebumen dan Purworejo, telah kami siapkan mobil tangki bahan bakar minyak tambahan dengan kapasitas 32 ribu liter di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang ada,” katanya.

Belum Pakai Hybrid, Segini Konsumsi BBM Honda Stylo 160

Ifan, sapaan akrab Fanshurullah mengatakan, dari 5.480 SPBU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, 80 persen diantaranya menjual bahan bakar minyak jenis premium. Sedangkan sisanya, adalah SPBU non premium. Secara garis besar, kondisi stok bahan bakar minyak dan LPG dalam keadaan normal.

“Pasokan BBM, termasuk premium bagi masyarakat harus terjamin,” ujarnya. (asp)

Aktivitas pengisian BBM di SPBU, Kota Medan.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mencatat konsumsi BBM di masa mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengalami peningkatan hingga 42 persen.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024