Bertemu Jokowi, Diaspora RI Diminta Bantu 'Jualan'

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menerima sejumlah Eksekutif Koordinator Diaspora di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 3 Juli 2017.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang turut mendampingi menjelaskan, Presiden Jokowi menyampaikan arahan dan saran kepada para diaspora untuk dapat membantu pemerintah memajukan ekonomi Indonesia. 

Hal pertama yang disoroti Jokowi, adalah kondisi ekonomi di mana pemerintah Indonesia sedang giat meningkatkan ekspor. Para diaspora ini, diminta peran aktifnya untuk membantu. 

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

"Presiden berharap, bahwa para Diaspora Indonesia dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekspor kita ke sana dan juga dalam rangka menarik investasi asing ke Indonesia," ujar Retno usai pertemuan, di Istana Negara, Jakarta, Senin 3 Juli 2017.

Retno mencontohkan, Pemerintah Indonesia menjajaki ekspor batu bara ke Meksiko. Jika kerja sama selama ini hanya antarpemerintah, maka peran Diaspora menurutnya juga bisa dimanfaatkan. 

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

"Nah akan sangat baik apabila kita bisa bersinergi dengan para diaspora yang sudah tinggal di sana lama, yang sudah memiliki network yang baik untuk katakanlah mempermudah kita di dalam membuka peluang pasar," ujarnya menambahkan.

Untuk itu, jaringan yang dimiliki oleh diaspora ini, juga bisa menjadi peluang. Terutama antarsesama diaspora di beberapa negara. Sehingga, sinergi yang baik dengan baik dalam membangun bangsa bisa terwujud. 

"Dan Presiden menyampaikan bahwa Indonesia sudah memperoleh great investasi yang investment grade. Dengan investment grade ini lebih mempermudah upaya untuk menarik investor asing ke Indonesia dan juga tidak kalah pentingnya, promosi pariwisata.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya