Bappenas Janji Kajian Pindah Ibu Kota Selesai Akhir 2017

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Pemerintah sampai saat ini terus melakukan kajian atas rencana pemindahan Ibu Kota. Meskipun Palangkaraya, Kalimantan Tengah disebut-sebut sebagai destinasi potensial Ibu Kota baru, namun sejauh ini belum ada kepastian daerah mana yang akan menjadi Ibu Kota baru. 

Bappenas Bocorkan Asumsi Makro APBN 2025, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,6 Persen

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan, kajian mengenai rencana tersebut akan diupayakan rampung pada akhir tahun ini. Rencananya, pemerintah tahun depan akan mulai melakukan persiapan menindaklanjuti kajian tersebut.

“Kajian sedang kami lakukan. Selesai sebelum akhir tahun. Sehingga tahun 2018 sudah mulai persiapan,” kata Bambang saat ditemui di gedung parlemen, Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan itu mengatakan, kajian yang saat ini dilakukan pemerintah atas rencana tersebut masih sama seperti konsep awal. Yakni bagaimana menciptakan suatu daerah menjadi pusat administrasi pemerintahan baru. 

Bambang mengatakan, pemerintah pun akan segera duduk bersama parlemen untuk menindaklanjuti rencana pemindahan Ibu Kota. Namun sebelum itu, fokus pemerintah yang dilakukan saat ini adalah menyelesaikan kajian pemindahan Ibu Kota.

Bappenas Ajak Seluruh Lapisan Masyarakat Aktif Dorong Kebijakan Sadar Risiko

“Harus ada produk hukumnya. Dikaji lebih lanjut. Saya tugasnya menyiapkan kajian,” katanya.
 

Ilustrasi pendaftar Kartu Prakerja.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

Transisi ekonomi hijau di Indonesia menghadirkan kebutuhan baru di sektor tenaga kerja yang ramah lingkungan atau green job.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024