Akhir 2017 Mandiri Dirikan Bank Baru di Malaysia 

Gedung Bank Mandiri
Sumber :
  • www.mandiri-capital.co.id

VIVA.co.id – Setelah mendapatkan lisensi Qualified Asean Bank atau QAB, PT Bank Mandiri (persero) umumkan rencana pendirian kantor cabang penuh atau Bank Mandiri Berhad di Malaysia. Bank tersebut akan beroperasi pada akhir 2017.

Beri Dampak Positif Bagi Masyarakat, Bank Mandiri Salurkan Program CSR

Rencana pendirian Bank Mandiri Berhad tersebut disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Kuala Lumpur pada 6 Juli 2017 didampingi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad mengatakan Bank Mandiri merupakan bank pertama yaang mendapat lisensi QAB. Lisensi itu membuat Bank Mandiri diperlakukan setara dengan bank-bank lokal yang beroperasi di Malaysia.

Satgas Waspada Investasi OJK: Binary Option Diblokir, Muncul Lagi

“Kami sangat menghargai otoritas perbankan Malaysia yang mendukung kehadiran bank dari Indonesia ini. Indonesia pun telah memperlakukan bank-bank Malaysia seperti milik sendiri,” Kata Muliaman dalam siaran persnya, Kamis 6 Juli 2017.

Ia menuturkan, pembukaan layanan ini merupakan layanan perbankan penuh pertama bagi Bank Mandiri di luar wilayah Indonesia. Langkah ini juga perlihatkan hubungan baik kedua negara sekaligus prospek Asean yang lebih maju. 

Marak Investasi Ilegal, Ganjar Minta OJK Beri Edukasi Masyarakat

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan kegiatan bisnis Indonesia telah tersebar di seluruh ASEAN. Perkembangan positif ini sebagai salah satu hal yang mendorong Bank Mandiri perlu hadir di Malaysia. 

“Sebagai bank berlisensi QAB, kami akan beroperasi di Kuala Lumpur untuk mendukung kegiatan bisnis,” tutur Kartika. 

Untuk membuka cabang penuh di Malaysia, Bank Mandiri menyiapkan modal sebesar 300 juta Ringgit Malaysia atau setara Rp933,97 miliar (kurs Rp3,113 per ringit Malaysia). 

“Kami sudah memulainya dengan injeksi modal sebesar 50 juta Ringgit Malaysia. Jumlah ini akan terus ditambah secara bertahap,” kata Kartika.

Perlu diketahui, saat ini Bank Mandiri telah memiliki tujuh kantor luar negeri yang terdiri dari lima cabang di Cayman Islands, Dilli Timor Leste, Hong Kong, Shanghai dan Singapura, serta dua anak perusahaan yaitu Bank Mandiri Europe Limited di London dan Mandiri International Remittance di Malaysia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya