Lima Pekerjaan Ini Sering Ditanya Gaji Lama Saat Wawancara

Ilustrasi wawancara kerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kebanyakan orang tidak terlalu suka akan pertanyaan gaji di tempat lama saat melakukan wawancara kerja. Dan faktanya, Kota New York adalah tempat yang melarang pertanyaan tersebut dengan alasan ketidaksetaraan pendapatan.

Mau Resign dalam Waktu Dekat? Pikirkan 5 Hal Ini Biar Gak Zonk!

Dilansir dari Business Insider, pada Senin 10 Juli 2017, situs gaji PayScale baru-baru ini merilis sebuah laporan tentang sejumlah pekerjaan yang sering ditanya tentang sejarah gaji mereka di tempat lama.

Survei yang dilakukan antara April hingga Juni 2017 ini mencakup 15.413 pengguna situs, dan meminta setiap responden untuk mengungkapkan sejarah gaji mereka di pekerjaan sebelumnya.

Catat, Ini 11 Tips Interview Kerja yang Harus Kamu Ketahui Agar Lolos Tahap Selanjutnya

"Dan hasilnya, dari seluruh survei tersebut ternyata para pekerja senior dan bergaji tinggi menjadi orang yang cenderung mau ditanya tentang gaji mereka," ujar Wakil Presiden Strategi Konten PayLin, Lydia Frank.

Selain itu, dari survei terungkap bila sejumlah pekerjaan ini bila disampaikan secara terbuka atas gaji mereka, akan berdampak negatif pada karier perempuan. 

Heboh Wawancara Kerja Pakai Topeng, Alasan Perusahaan Mengejutkan

Berikut lima pekerjaan di mana Anda kemungkinan besar ditanya tentang riwayat gaji di pekerjaan lama berdasarkan temuan PayScale: 

1. Analis keuangan senior

Analis keuangan bertugas menafsirkan data keuangan dan memeriksa kondisi ekonomi untuk memberikan rekomendasi kepada klien. Persentase analis keuangan senior yang ditanya tentang sejarah gaji sebesar 64 persen.

2. Manajer sumber daya manusia

Manajer sumber daya manusia bertugas mengelola layanan sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah organisasi, mengawasi perekrutan, dan pencarian bakat. Persentase manajer SDM yang ditanya tentang riwayat gaji sebesar 62 persen.

3. Direktur operasi

Direktur operasional bertugas mengawasi sistem dan proses organisasi, memastikan efisiensi, dan optimalisasi. Persentase direktur operasi yang ditanya tentang riwayat gaji sebesar 60 persen.

4. Direktur pemasaran

Direktur pemasaran bertugas mengawasi keseluruhan operasi pemasaran sebuah organisasi. Persentase direktur pemasaran yang ditanya tentang riwayat gaji sebesar 59 persen.

5. Direktur teknologi informasi

Direktur teknologi informasi bertugas mengawasi fungsi TI organisasi dan sumber daya komputer. Persentase direktur TI yang ditanya tentang riwayat gaji sebesar 58 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya