Sistem Data Terganggu, Perdagangan BEI Dijamin Tak Masalah

Ilustrasi sektor keuangan RI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – PT Bursa Efek Indonesia memastikan gangguan teknis pada informasi dari datafeed yang terjadi pada pukul 08.52 WIB, tak akan mengganggu sistem perdagangan yang kembali dibuka pada pukul 10.00 WIB.

Cenderung Fluktuatif, IHSG Berpotensi Menguji Level 5.000

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengatakan meski sistem informasi dari datafeed terganggu pada sekitar pukul 08.52-08.55 WIB, sistem perdagangan saham di bursa Jakarta ini tidak mengakibatkan masalah yang berarti.

Menurut dia, ketika terjadi temuan tersebut pihak BEI memang langsung menyetop seluruh transaksi perdagangan. Sehingga kemudian membutuhkan waktu untuk hidupkan kembali dan membuang sejumlah data yang lama.

Sepekan Perdagangan, Kapitalisasi Pasar Bursa dan IHSG Naik

"Pas jam 10.00 WIB sistem sudah up dan sudah jalan, itu jadi prioritas kita untuk perdagangan jalan kembali. Dan setelah 15 menit 75 broker tersambung dan langsung jalan," Jelas Tito di BEI, Jakarta, Senin 10 Juli 2017.

Ia mengungkapkan, tidak terpengaruh besarnya sistem perdagangan bursa saham hari ini karena kerusakan tidak terjadi di tempat tersebut. Melainkan kerusaakan terjadi di sistem datafeed.

Disokong Sektor Tambang, IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan

"Untuk lebih jelas dalam dua jam lagi akan kita jelaskan. Ini terjadi setelah lima tahun lalu sehingga seharusnya tidak terjadi lagi dan kami dari BEI memohon maaf atas kejadian ini," ujarnya.

Sedangkan, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Hamdi Hassyarbaini, menyakinkan bahwa kejadian pagi tadi dari aspek pengawasan transaksi tidak ada masalah dan sistem pangawasan tidak terjadi problem.

Dengan demikian, seluruh transaksi yang terjadi tadi pagi dan semua transaksi yang terjadi setelah pembukaan pada pukul 10.00 WIB selalu dalam pengawasan. Sehingga ditegaskan, masalah terjadi hanya pada  sistem datafeed saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya