DPR: Beban Keuangan RI Sudah Lampu Kuning

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Taufik Kurniawan.
Sumber :

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat menilai, beban utang Indonesia yang telah mencapai Rp3.672 triliun merupakan peringatan keras bagi pemerintah agar lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan negara. Posisi utang tersebut, diharapkan menjadi perhatian pemerintah.

Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp 72 Triliun hingga 15 Maret 2024

“Istilahnya, beban keuangan kita sudah lampu kuning,” kata Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, di Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, posisi utang pemerintah hingga akhir Mei 2017 mencapai Rp3.672 triliun, atau telah meningkat Rp1.067,4 triliun sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2014.

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Merinci lebih jauh, utang jatuh tempo pemerintah pada 2018 mencapai Rp300 triliun, sementara pada tahun 2019 mencapai Rp420 triliun. Sehingga, total utang pemerintah yang harus dibayarkan mencapai Rp810 triliun.

Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2017 pun diharapkan mampu memberikan sebuah rancangan kas negara yang jauh lebih kredibel, sehingga mampu menjaga defisit di level aman, sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang Keuangan Negara.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

“Jangan sampai kita terjebak pada gali lubang, tutup lubang. Ini statement Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati), yang kami pegang,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sebelumnya menyebut, jika belanja pemerintah berhasil terserap 100 persen, maka defisit anggaran bisa mencapai 2,92 persen terhadap produk domestik bruto, atau hampir mendekati ketentuan dalam UU Keuangan Negara.

Namun dengan asumsi tren penyerapan belanja pemerintah yang tidak pernah sepenuhnya terserap, maka pemerintah menegaskan masih bisa menjaga posisi defisit di angka 2,67 persen. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya