Ibu Kota Baru RI Bakal di Tengah Hutan Kalimantan

Penebangan pohon di suatu hutan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA.co.id – Pemerintah pusat sedang merancang ibu kota baru RI. Muncul kabar, lokasinya tidak akan di kota yang sudah jadi, namun justru akan berada di wilayah yang masih belum dijamah banyak orang.

Di Rapat Paripurna, Demokrat dan PKS Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

Demikian ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, usai rapat dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, hari ini. Pertemuan tersebut membahas rencana pemindahan Ibu Kota.

Kementerian PUPR mengaku telah memberi gambaran atas perencanaan tata kota bagi Ibu Kota baru. Nantinya, kota itu akan dibangun di tengah hutan Kalimantan.

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

“(Pembangunan Ibu Kota baru) masih di kawasan hutan. Kami ingin garden city atau forest city. Makanya didesain dengan baik,” kata Basuki di Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Pemerintah pun memastikan kesediaan lahan yang akan menjadi lokasi Ibu Kota baru tidak akan terkontaminasi oleh makelar-makelar tanah. Meskipun belum menentukan lokasi secara pasti, calon lokasi Ibu Kota akan dididirikan di atas aset negara.

Penampakan Gedung di IKN, dari Kantor Menteri Hingga Wakil Presiden

Kementerian PUPR, lanjut Basuki, hanya tinggal menunggu hasil kajian final yang dilakukan Bappenas terkait rencana pemindahan Ibu Kota. Namun, sejauh ini, pertemuan antara kedua belah pihak belum menghasilkan titik cerah untuk memindahkan Ibu Kota ke daerah baru.

“Ini baru tahap awal. Ini baru kami lihat urban planning-nya seperti apa. Mudah-mudahan kita bisa sambil menunggu hasil kajian. Jadi ini berurutan,” ujar Basuki. (ren)

Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Kemenkeu, Encep Sudarwan

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan nasib aset-aset Pemerintah di Jakarta setelah ibu kota, pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2023