Kajian Pemindahan Ibu Kota Disiapkan Anggaran Rp7 Miliar

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • raudhatul zannah/viva

VIVA.co.id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mengusulkan adanya tambahan anggaran sebesar Rp26 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2017. Dari total dana yang diusulkan, Rp7 miliar untuk kajian cepat pemindahan Ibu Kota.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

Demikian disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam rapat kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa 11 Juli 2017. Permintaan tambahan anggaran rupiah murni ini pun telah diajukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Selain rencana pemindahan Ibu Kota, penambahan itu pun diperuntukkan bagi penyempurnaan sistem aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA), fasilitas penyempurnaan KRISNA melalui peningkatan layanan dukungan operasional, dan peningkatan hubungan kerjasama internasional.

Bappenas Bocorkan Asumsi Makro APBN 2025, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,6 Persen

“Tambahan anggaran ini untuk memastikan kajian yang sedang dilakukan komprehensif, sehingga bisa mendukung perencanaan yang matang,” kata Bambang.

Meskipun mengajukan permohonan menambah porsi anggaran, Bappenas tetap melakukan efisiensi anggaran belanja sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2017. Mantan Menteri Keuangan itu mengatakan, total anggaran rupiah murni yang dihemat mencapai Rp49,1 miliar.

Bappenas Ajak Seluruh Lapisan Masyarakat Aktif Dorong Kebijakan Sadar Risiko

Efisiensi belanja barang tersebut, kata Bambang, mencakup perjalanan dinas, paket meeting, honorarium tim kegiatan, belanja operasional perkantoran, belanja jasa, belanja pemeliharaan, sampai dengan belanja operasional dan non operasional lainnya.

“Efisiensi diutamakan di pos perjalanan dinas, paket meeting, dan belanja operasional dan non operasional lainnya,” ujarnya. (asp)

Gedung Bappenas / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Bappenas membantah kabar yang menyebut bahwa pihaknya tengah membahas rencana peleburan antara KPK dan Ombudsman. Pemerintah memperkuat infrastruktur antikorupsi.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024