Sam Poo Kong Jadi Magnet Tiongkok Investasi di Semarang

Investor China berkunjung ke Semarang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Jianyang, salah satu kabupaten di Provinsi Nanjing, Tiongkok rupanya tertarik dengan keindahan destinasi wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah. Salah satu magnet besar Semarang bagi negara berjuluk tirai bambu itu adalah keberadaan klenteng Sam Poo Kong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Baik perwakilan pemerintah Tiongkok dan Kota Semarang akhirnya bertemu menjalin kerja sama di bidang wisata, khususnya bidang wisata religi. Pertemuan Delegasi kabupaten Jianyang diterima langsung Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang.

Pimpinan delegasi, Yang Xin Qiang, Jianyang City Party Secretary mengungkapkan,  bahwa Kota Semarang punya kedekatan dengan Tiongkok. Hal-hal tersebut ditandai dengan sejarah kota yang tak lepas dari peran warga Tiongkok. Tokoh tersebut tak lain adalah Laksamana Ceng Ho yang merupakan orang Tiongkok yang berlabuh ke Semarang. Untuk mengenang perjuangan Ceng Ho kini dibangun Klenteng Sam Poo Kong. 

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

“Mudah-mudahan, antara pemerintah Semarang dan Jianyang bisa menjalin kerja sama. Dimulai dari bidang pariwisata. Semarang dan Jianyang sama-sama punya tempat wisata yang menarik,” ujar Yang Xin Qiang, Rabu, 12 Juli 2017.

Sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi merespon positif niat kerjasama wisata itu. Kerjsama ini diharapkan akan berdampak positif bagi ekonomi warga serta investasi besar di Semarang.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

"Sebelumnya beberapa negara menjalin kerja sama dengan Kota Semarang di bidang wisata antara lain Kota Split, Kroasia, Kota Ulsan, Korea Selatan dan Nanjing, " kata Hendrar.

Hendrar menyebut, selain klenteng Sam Poo Kong masih banyak destinasi wisata yang bisa dikerja samakan. Mulai dari wisata reliji, yakni Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Agung Semarang (Kauman).

Di samping wisata religi, Semarang juga punya sejumlah wisata kota, yakni Lawang Sewu, Kota Lama. Sedangkan wisata edukasi, yakni Bonbin Mangkang, Taman Lele, Museum Mandala Bhakti.

Kemudian ada wisata kuliner, yakni di pusat oleh-oleh Pandanaran. Saat ini, Pemkot Semarang juga tengah mengembangkan wisata alam, seperti air terjun Kalipancur, Kampung Pelangi. Kampung pelangi kini bahkan mendunia dengan mengubah kawasan kumuh menjadi destinasi menarik dengan cat warna-warni.

Setelah kunjungan pemerintah Janyang, pada bulan November mendatang, pihaknya juga akan melakukan kunjungan balasan untuk menindaklanjuti kerja sama lain. "Nantinya dalam kunjungan balik kami akan ajak beberapa pengusaha Semarang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya