Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 10:42 WIB
  • Cara Terhindar dari Penipuan Kartu Kredit

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Cara Terhindar dari Penipuan Kartu Kredit
Photo :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin
ilustrasi penipuan kartu kredit

VIVA.co.id – Kartu kredit menawarkan berbagai macam kemudahan bagi penggunanya. Dengan adanya kartu kredit, Anda tidak perlu repot-repot membawa uang secara tunai, sebab kartu ajaib ini siap menolongmu dalam situasi apa pun.

Kartu kredit sangat populer, bahkan jumlah permintaan kartu kredit meningkat setiap tahunnya. Pemakaian kartu kredit juga sudah menjadi gaya hidup orang zaman sekarang. Dengan sistem gesek, semuanya aman terkendali.

Namun, maraknya penggunaan kartu kredit juga diikuti dengan maraknya kasus penipuan yang terjadi. Jumlah kejahatan yang timbul setiap tahunnya, mengalami peningkatan yang signifikan. 

Sasarannya juga datang dari berbagai kalangan. Tidak hanya kalangan atas saja, kalangan menengah juga bisa ditipu, mengapa tidak? Maraknya kasus penipuan ini, tentu saja membuat banyak masyarakat risau, termasuk Anda pengguna kartu kredit. 

Agar bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, Anda perlu mengikuti beberapa tips dari Cermati.com untuk menghindari penipuan kartu kredit:

1. Selalu berhati-hati

Jumlah kasus penipuan yang semakin banyak, sangat mengharuskan Anda untuk senantiasa waspada dan berhati-hati dengan orang yang ada di sekitar. Jangan mudah percaya pada orang yang kerap kali meminta bantuan, atau menawarkan beberapa produk yang tidak jelas. 

Sebab, modus inilah yang paling banyak digunakan oknum penipu. Mereka sengaja mengajak korban untuk berbicara ini itu dan akhirnya terjadilah hipnotis. Contoh kejadian yang sangat mengerikan, bukan? Agar terhindar dari kejadian tersebut, cobalah untuk tetap waspada ke mana pun Anda pergi.

2. Jangan meminjamkan kartu kredit pada orang lain

Rambut sama hitam, tetapi hati siapa yang tahu? Peribahasa ini sangat cocok untuk menggambarkan karakter manusia. Kalau ditelaah, memang seperti itu adanya. Anda yang punya sahabat baik dari kecil saja disarankan untuk tidak menceritakan semua yang terjadi dalam hidup kepada sahabat. 

Mengapa? Apa gunanya menyebutnya sebagai sahabat?” Boleh saja, namun masih ada batasannya. Peribahasa tersebut, juga berlaku ketika Anda ingin meminjamkan kartu kredit kepada teman. 

Informasi yang ada pada kartu kredit sangatlah rahasia dan hanya boleh diketahui pemiliknya saja. Jika suatu saat seorang teman meminta Anda untuk meminjamkan kartu kredit kepadanya, cobalah untuk menolak dengan cara yang baik dan sopan agar ia tidak tersinggung.

3. Menyimpan semua bukti transaksi

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit sudah pasti menyisakan bukti yang bisa Anda simpan. Bukti ini sangatlah berguna, ketika suatu saat Anda menemukan total tagihan yang tidak sesuai dengan bukti yang terlampir. Jika terdapat beberapa transaksi yang tidak dikenali, langsung saja melaporkannya pada bank penerbit kartu kredit tersebut.

4. Hati-hati ketika berbelanja online

Banyak situs online zaman sekarang yang menawarkan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit tanpa bunga. Hal ini terlihat cukup menggiurkan bagi si shopaholic

Bagaimana tidak, ia bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang sama tanpa dikenakan biaya lain-lain. Sekilas memang menggiurkan, tetapi apa jadinya jika situs online tersebut tidak terpercaya? Yang ada, malah Anda yang ditipu olehnya. 

Niat berbelanja, tetapi malah ditipu. Agar kejadian miris ini tidak terjadi, cobalah untuk berbelanja pada situs online resmi yang memiliki rating baik dari pelanggannya. 

5. Simpan kartu kredit baik-baik

Cara yang paling ampuh untuk menghindari penipuan kartu kredit adalah menyimpan kartu kredit sebaik mungkin. Seusai melakukan pembayaran, simpanlah kartu kredit di tempat yang aman agar orang lain tidak bisa melihat kode Card Verification Code (CVC) Anda.

6. Tutup kode keamanan

Jangan lupa untuk menutup tiga digit kode keamanan yang terdapat di belakang kartu kredit. Ketika melakukan pembayaran, atau ingin memfotokopi kartu kredit, tutuplah tiga digit kode tersebut. 

Tujuannya tak lain untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah tips menghindari penipuan pada kartu kredit. Semoga Anda bukan menjadi salah satu dari korban penipuan tersebut. Ingatlah untuk selalu waspada di mana pun Anda berada. (asp)