Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 12:44 WIB
  • McDonald's Tutup Puluhan Gerai di India

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
McDonald's Tutup Puluhan Gerai di India
Photo :
  • REUTERS/Tatyana Makeyeva
Suasana restoran cepat saji McDonald's di Moskow, Rusia.

VIVA.co.id – Sebanyak 41 dari 53 restoran cepat saji McDonald's – yang beroperasi di ibu kota India, New Delhi, ditutup mulai akhir pekan lalu. Ribuan pekerja bakal terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dilansir dari CNN Money, Senin 17 Juli 2017, Connaught Place Restaurants Private Limited (CPRL) yang merupakan pemegang lesensi MCD di India utara dan timur mengatakan, penutupan itu karena izin operasi yang dimiliki telah berakhir. 

Juru bicara McDonald's Asia Barry Shum mengatakan dalam sebuah email, pemegang lesensi lah yang bertanggungjawab untuk mengatur perizinan yang dibutuhkan. Ditegaskan pula bahwa india merupakan salah satu pasar terbesar India saat ini. 

"India terus menjadi pasar penting agi McDonald's dan kami terus berkomitmen untuk bekerja sama dengan CPRL menyelesaikan masalah ini secepat mungkin," tambahnya. 

Berita mengenai penutupan gerai cepat saji itu pertama kali dilaporkan oleh surat kabar Economic Times yang mengatakan, sekitar 1.700 karyawan akan kehilangan pekerjaannya karena hal ini. 

Shum membantah hal tersebut. Karyawan ditegaskan akan tetap dipertahankan dan dibayar gajinya secara reguler, bahkan saat toko ditutup sementara. Hingga saat ini CPRL belum menanggapi hal ini. 

McDonald's saat ini memiliki lebih dari 400 waralaba di 65 kota di India, dan kelas menengah yang berkembang di negara ini memberi kesempatan untuk tumbuh lebih jauh di Asia, terutama setelah perusahaan tersebut menjual sebagian besar bisnisnya di China awal tahun ini. (ren)