Pemerintah Undang Bos Besar Freeport, Ini yang Akan Dibahas

President Freeport-McMoRan Inc, Richard C. Adkerson
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Chief Executive Officer  Freeport-McMoRan, Richard C Adkerson, diundang pemerintah Indonesia melakukan high level meeting pada akhir bulan Juli ini. Richard akan langsung bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Richard dan petinggi pemerintah Indonesia disebut-sebut akan membahas laporan keseluruhan dari hasil tim negosiasi pemerintah dan Freeport. Lantas seperti apa detail yang akan dibahas?

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Bambang Gatot Ariyono mengatakan, seluruh perkembangan yang belum deal atau disetujui akan dibahas. Semua paket akan dibahas sebagai upaya pengambilan keputusan. 

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

"Ada Fiskal, Perpanjangan kontrak, smelter dan kepastian operasi," kata Bambang di kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Selasa 18 Juli 2017. 

Selama tim negosiasi berjalan, belum ada keputusan signifikan yang diambil oleh pemerintah. Terutama soal perpanjangan kontrak yang masih menjadi lobi-lobi dari Freeport kepada pemerintah. 

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"(Perpanjangan kontrak) Pokoknya yang ada di UU itu, kan KK (Kontrak Karya) bisa 2x10 tahun, ya sudah itu," kata dia. 

Hanya saja, Bambang hingga kini belum bisa memberikan kepastian apakah Freeport akan diberi perpanjangan kontrak atau secara tegas Freeport ditolak untuk dapat memperpanjang operasinya di Indonesia. 

"Pokoknya 2x10 tahun (Kontak karya). Iya, nantilah apa gunanya itu," ujar dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya