Proyek-proyek yang Ditawarkan Pemerintah di Kawasan Suramadu

Jembatan Suramadu.
Sumber :
  • Surabaya Post / Iwan Heriyanto

VIVA.co.id – Badan Koordinasi Penanaman Modal di depan puluhan pelaku bisnis memasarkan proyek investasi senilai Rp53,1 triliun, yang terletak di sekitar Jembatan Suramadu, Jawa Timur. Proyek tersebut berada di Kawasan Khusus Madura dan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu Sisi Madura (KKJSM).

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

Deputi Promosi Penanaman Modal BKPM Himawan Hariyoga mengungkapkan, promosi yang digencarkan pemerintah merupakan salah satu bentuk upaya meningkatkan investasi di daerah. Apalagi, Jawa Timur selama ini menjadi salah satu dari lima daerah yang memberikan sumbangsih lebih melalui sektor investasi.

“Madura punya potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam. Tapi sejauh ini, kesempatan-kesempatan itu belum dieskploitasi. Private investment bisa jadi solusi,” kata Himawan di Jakarta, Senin 31 Juli 2017.

Menteri Investasi Bahlil Resmikan Media Center Indonesia Maju, Ini Fungsinya

Berdasarkan data otoritas investasi periode Januari-Juni 2017, Jawa Timur berada di posisi ketiga dengan nilai investasi mencapai Rp33,9 triliun atau 10,1 persen dari total investasi yang masuk. Meski demikian, Jawa Timur masih berada di bawah wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Adapun proyek yang ditawarkan antara lain proyek Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan dengan lahan 250 hektare dan estimasi nilai investasi mencapai Rp17,2 triliun. Dan proyek Jalan Tol sepanjang 15,3 kilometer yang terletak di lokasi KKJSM, dengan nilai investasi mencapai Rp2,6 triliun.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

Selain itu, otoritas investasi bersama Badan Pengembangan Wilayah Suramuda menawarkan kawasan industri di Labang dengan luasan lahan 284 hektare dengan nilai investasi Rp17,5 triliun. Kemudian kawasan industri di Klampis seluas 356,7 hektare dengan perkiraan nilai investasi Rp6,6 triliun.
 
Dua proyek Central Business District pun ikut ditawarkan dengan nilai investasi Rp4,5 triliun, serta dua proyek perumahan dengan total estimasi nilai investasi Rp4 triliun. Selanjutnya, proyek pengembangan wilayah pantai pariwisata dengan luas lahan 18,5 hektare senilai Rp662 miliar, serta dua rest area seluas total 40 hektare dengan total nilai investasi Rp150 miliar.

Kepala Badan Pengembangan Wilayah Suramadu Herman Hidayat tak memungkiri, kas keuangan negara tidak mampu untuk menggarap seluruh proyek tersebut. Maka dari itu, diharapkan para penanam modal bisa tertarik untuk menginvestasikan dananya di seluruh proyek tersebut.

Ilustrasi investasi bodong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Mengenali investasi yang sah dan yang palsu tidaklah terlalu sulit. Meskipun demikian, masih banyak korban investasi palsu yang terus muncul. Penyebanya kurang pemahaman.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024