Jokowi: Pengelolaan Hutan RI Masih Belum Makmurkan Rakyat 

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengungkapkan pengelolaan hutan di Indonesia tak jauh lebih baik dibandingkan negara-negara lain. Bahkan menurut Jokowi, hutan di berbagai daerah di Indonesia belum memberikan manfaat signifikan terhadap masyarakat.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Dalam sekian tahun, mohon maaf, pengelolaan hutan berada pada posisi yang monoton. Tidak ada pembaharuan. Kita harus mengkoreksi," kata Jokowi di depan para pelaku usaha dan kepala daerah dalam pertemuan di Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017.

Ia mengatakan, pengelolaan hutan di negara-negara seperti Swedia maupun Finlandia berhasil memberikan kontribusi sebesar 78 persen terhadap kegiatan ekonomi. Sementara Indonesia, katanya, justru sejauh ini belum melakukan hal yang konkret.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Misalnya, seperti daerah hutan jati yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Menurut kepala negara, pengelolaan hutan yang kurang optimal, menjadikan lingkungan di kawasan tersebut saat ini masih dikelilingi oleh masyarakat miskin.

"Saya blak-blakan saja. Ini yang harus dikoreksi. Jangan sampai hutan kita tidak bisa memberikan apa-apa buat rakyat. Di negara lain, hutan bisa memakmurkan rakyatnya. Kenapa kita tidak bisa," tanya Jokowi.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Presiden pun meminta seluruh Kementerian Lembaga terkait mengadopsi kebijakan pengelolaan hutan yang sukses diterapkan negara-negara lain. Menurutnya, perlu terobosan, agar pengelolaan hutan yang optimal memberi nilai tambah perekonomian.

"Kita tidak usah sulit-sulit. Copy saja, sesuaikan dengan keadaan hutan kita, jadikan contoh. Jadi ekonominya dapat, lingkungan juga. Jangan lagi ada program atau rencana yang orientasinya hanya proyek. Hentikan," tegas Jokowi. (ren)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021