Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 09:39 WIB
  • Tips Agar Tidak Boros saat Liburan

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Tips Agar Tidak Boros saat Liburan
Photo :
  • Pixabay/Gomezsantos
Ilustrasi peta dan travelling

VIVA.co.id – Libur sekolah yang dibarengi dengan libur Lebaran adalah libur panjang yang sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa rekreasi bersama keluarga. 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang membatalkan rencana liburan karena takut uangnya akan habis. Mereka beranggapan bahwa liburan yang menyenangkan memerlukan banyak uang.

Namun, sebenarnya, jika kita bisa berhemat maka libur panjang bersama keluarga tetap menjadi momen yang menyenangkan. Simaklah tips dari Cermati.com, berhemat saat libur panjang berikut ini.

1. Bawa bekal untuk makan siang

Berlibur dengan keluarga tak lengkap rasanya tanpa adanya acara makan bersama. Di beberapa destinasi wisata, makanan yang dijual terlihat menarik dan nikmat. Namun, sayang harga makanan tersebut tidak sesuai dengan penampilannya.

Harga yang terbilang mahal ditambah jumlah anggota keluarga yang cukup banyak. Situasi ini akan membuat Anda merogoh kantong dalam-dalam. Bisa jadi tabungan Anda terkuras habis hanya untuk pengeluaran makan bersama. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membawa makanan sendiri. Selain lebih murah, makanan yang dibuat sendiri lebih higienis dan sehat. Hal tersebut juga dapat mengurangi jumlah sampah plastik bila Anda menggunakan tempat makan yang dapat dipakai berulang kali. 

2. Sementara, hindarkan diri dari penggunaan kartu kredit

Saat berlibur, mata kita tentu akan tertarik dengan berbagai benda menarik ataupun oleh-oleh khas tempat wisata tersebut. Agar terhindar dari menghamburkan uang, Anda harus meninggalkan kartu kredit di rumah.

Terkadang kartu kredit digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak berguna, terlebih pada saat liburan. Sebab Anda akan berpikir bahwa sangat mudah mengeluarkan uang dengan kartu kredit. 

Sulit rasanya untuk menahan godaan ini. Dengan membawa uang tunai, Anda akan menyadari bahwa uang yang dibawa terbatas sehingga harus menggunakannya dengan sebaik-baiknya.

3. Manfaatkan transportasi publik

Waktu yang tepat untuk mengakhiri lelah ialah pada saat liburan. Dengan duduk nyaman di kendaraan pribadi, tentu menjadi salah satu pilihan. Tapi, jika Anda pikir kembali, menggunakan kendaraan pribadi pada saat liburan tentu akan menambah jumlah pengeluaran.

Selain bahan bakar yang boros apalagi ketika terjadi kemacetan lalu lintas, Anda juga harus membayar uang parkir di tempat wisata yang dikunjungi. Ongkos parkir tempat wisata cenderung lebih mahal daripada di tempat biasa. 

Karena itu, pilihlah transportasi publik yang tidak hanya murah, tetapi juga menarik, misalnya delman atau kereta api. Anda juga dapat merasakan sensasi yang berbeda kalau menggunakan transportasi umum yang tradisional. Liburan Anda pun menjadi semakin berkesan.

4. Cari penginapan yang tidak jauh dari objek wisata

Anda harus menentukan destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi sebelum memilih penginapan. Kemudian pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat wisata tersebut. Memang biasanya tempat menginap semacam itu cukup mahal. Namun, apabila lebih cermat, Anda dapat memperoleh penginapan yang murah, seperti homestay.

5. Susun daftar oleh-oleh yang ingin dibeli

Sebelum pergi berlibur, Anda sebaiknya membuat anggaran seberapa besar uang yang akan digunakan selama liburan tersebut. Usahakan jangan terlalu besar, tetapi secukupnya.

Untuk membatasi pengeluaran agar tidak boros, Anda perlu membuat daftar belanjaan oleh- oleh yang akan dibeli dan siapa saja yang akan Anda berikan oleh-oleh. Dalam membeli oleh-oleh, Anda juga harus memilih toko yang menjual dengan harga murah, tetapi tetap menjamin kualitas barangnya. Sebab biasanya antara satu toko dengan toko lainnya memiliki harga yang berbeda.

Ingatlah untuk selalu berhemat meski sedang berlibur

Setelah berlibur, tentunya Anda akan kembali ke rutinitas seperti biasanya, yakni bekerja. Anda pun harus bekerja selama satu bulan atau beberapa waktu terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapatkan gaji untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Karena itu, Anda harus berhemat sekalipun sedang berlibur. 

Jangan boros apalagi terkesan menghambur-hamburkan uang. Ingatlah selalu bahwa Anda juga perlu uang untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup selanjutnya. Jadi, akan lebih baik menggunakan uang seperlunya saja. 

Liburan yang menyenangkan juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang bila Anda pandai mengatur keuangan.