Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 9 Agustus 2017 | 06:12 WIB
  • Enam Kebiasaan yang Ternyata Cuma Buang-buang Uang

  • Oleh
    • Dusep Malik
Enam Kebiasaan yang Ternyata Cuma Buang-buang Uang
Photo :
Pemborosan

VIVA.co.id – Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan menghabiskan uang pada hal yang sama secara berulang-ulang. Karena sudah menjadi kebiasaan, hal tersebut akan terus dilakukan tanpa disadari.

Seperti sekadar naik taksi, beli sepatu mahal tiap bulan, atau nongkrong di kafe bersama teman-teman mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Kebiasaan tersebut terus dilakukan hingga tanpa sadar membuat pengeluaran membengkak. 

Sebelum terjebak lebih dalam pada keadaan yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda menyadari ke mana uang selama ini terbuang. Oleh karena itu, simak enam kebiasaan yang hanya buang-buang uang seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 9 Agustus 2017, berikut ini:

1. Tidak naik kendaraan umum

Perjalanan dari rumah ke kantor atau bahkan berjalan-jalan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan kendaraan umum. Meskipun saat ini banyak transportasi online, tarif yang dikenakan cenderung jauh lebih mahal.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan kendaraan umum, seperti Transjakarta, angkot, bus, atau kereta api. Apabila tujuan tidak terlalu jauh, selalu ada pilihan untuk berjalan kaki. 

Selain itu, sepeda kayuh juga menjadi pilihan tepat untuk mencapai tujuan sekaligus berolahraga yang dapat membuat tubuh lebih sehat.

2. Harus beli barang branded

Apabila Anda lebih tertarik untuk memilih barang atau sesuatu dengan merek tertentu dan harganya tinggi, mungkin kini saatnya untuk merenungi hal tersebut. Kecuali jika memiliki penyakit tertentu yang mengharuskan Anda mengonsumsinya.

Beberapa barang, seperti sampo ataupun sabun, rata-rata memiliki fungsi yang sama. Begitu pun dengan sepatu ataupun kemeja, Anda tidak harus selalu membeli barang mahal untuk tampil menarik. 

Barang yang bermerek dengan harga tinggi juga tidak menjamin kualitas yang unggul. Kadang semuanya tergantung pada ketepatan dalam memilih.

3. Tergoda cemilan dekat kasir

Biasanya barang yang terletak di dekat kasir toko berupa cemilan, seperti permen karet atau cokelat. Cemilan tersebut mungkin terlihat sepele, tetapi mungkin saja bukan sesuatu yang Anda butuhkan. 

Akan tetapi, posisinya yang strategis terkadang begitu menggoda dan sulit ditolak untuk dibeli. Jika menginginkan cemilan atau makanan ringan, ada baiknya Anda telah memasukkan kebutuhan tersebut dalam daftar belanja dan pilihlah cemilan yang hemat.

4. Memiliki hobi mahal

Hobi merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dilakukan. Tapi, terkadang jika dikerjakan tanpa pertimbangan yang pas akan menguras dompet dan membuang waktu. Misalnya, hobi main golf atau minum kopi di kedai yang mahal. 

Daripada menghabiskan waktu dan membuang isi dompet, sebaiknya, lakukanlah hobi yang ringan dan hemat, seperti lari, jalan kecil, bersepeda di sore hari, atau apa pun itu yang tidak memerlukan banyak biaya. Intinya, menyenangkan diri tidak selalu membutuhkan banyak uang.

5. Menghabiskan banyak pulsa

Cobalah Anda menghitung pengeluaran pulsa bulan ini. Jika selalu mengeluarkan biaya yang mahal, ada baiknya perhatikan aktivitas komunikasi melalui handphone, baik itu SMS, telepon, maupun paket data.

Bila memungkinkan, Anda sebaiknya beralih ke provider yang lebih murah. Saat ini banyak provider yang menawarkan banyak fasilitas dengan tarif yang ekonomis untuk semua kalangan.

6. Memilih makan di luar daripada di rumah

Salah satu hal boros yang sering dilakukan adalah beli makanan di luar. Ketimbang mengeluarkan banyak uang untuk makanan di luar, lebih baik kalau Anda mulai belajar memasak dan membeli bahan-bahan makanan di pasar untuk menekan pengeluaran. Jadi, selain lebih hemat, Anda juga meningkatkan keahlian memasak. (ren)