Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 9 Agustus 2017 | 11:38 WIB
  • JK Prihatin, Kok Bisa Harga Air Bersih Menteng Lebih Murah

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Fajar Ginanjar Mukti
JK Prihatin, Kok Bisa Harga Air Bersih Menteng Lebih Murah
Photo :
  • VIVA/Fajar GM
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyoroti bentuk ketimpangan yang menurutnya terjadi secara nyata di Jakarta yang merupakan Ibu Kota Indonesia. Ada pun, ketimpangan itu adalah perbedaan harga air bersih di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut dia, kawasan Menteng yang termasuk salah satu kawasan elite di Jakarta, justru dari segi harga jauh lebih murah dibandingkan dengan kawasan-kawasan lain yang mengalami masalah kesulitan air bersih.

Wapres JK yang juga merupakan penghuni Menteng mengakui ketersediaan air bersih yang melimpah di kawasannya hanya dihargai murah. Sementara, di tempat-tempat kesulitan air harganya mahal. Padahal, penduduk di kawasan-kawasan yang mengalami masalah itu kebanyakan adalah rakyat tidak mampu.

"Air untuk orang yang tinggal di Menteng lebih murah daripada air yang dibeli ketengan di tempat lain. Itu sungguh tidak adil," ujar JK, memberi sambutan dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2017 di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Agustus 2017.

Untuk itu, JK menyampaikan pemerintah pusat memiliki tugas untuk memperkecil kondisi ketimpangan seperti itu. Meski demikian, ia menekankan, pemerintah daerah selanjutnya memiliki tugas untuk bertindak nyata guna menekan ketimpangan itu.

JK pun berharap supaya IDF 2017 yang diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, akan menghadirkan lebih dari 100 ahli di bidang ekonomi, bisa menghasilkan solusi-solusi nyata untuk memperkecil tingkat ketimpangan. 

Selanjutnya, menurut JK, solusi itu akan diaplikasikan pemerintah melalui program-program untuk meningkatkan kesejahteraan di Indonesia. "Haruslah keadilan itu diperbaiki dengan program yang ada," ujar JK.