Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 10 Agustus 2017 | 18:25 WIB
  • Disuguhi Hiburan Tari Perut, Menteri Basuki: Apes Saya

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Fikri Halim
Disuguhi Hiburan Tari Perut, Menteri Basuki: Apes Saya
Photo :
  • Istimewa
Menteri PUPR dan Tari perut kontroversial.

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menjelaskan soal dirinya yang terlihat di video tari perut ala Timur Tengah dalam sebuah acara peluncuran buku. Hiburan tari perut itu disuguhkan di sela acara peluncuran buku mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Anwar Nasution bertajuk "Anwar Nasution, Bukan Ekonom Biasa" itu,

Basuki mengatakan, acara peluncuran buku yang digelar di Balai Kartini, Jakarta itu juga turut dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, dan pejabat lainnya.

"Saya juga enggak tahu itu videonya, jadi saya diundang mas. Saya diundang sama Pak Rizal Djalil yang (anggota) BPK ke peluncuran buku, kan ada Pak Wapres, ada menteri Pertanian, menteri PAN-RB, menteri ESDM, terus ada ketua BPK, wamenkeu, kami satu meja," kata Basuki saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 10 Agustus 2017.

Saat sesi tari perut itu dimulai, Basuki mengatakan, masih satu meja dengan semua pejabat itu. Seketika itu juga Basuki memutuskan untuk langsung meninggalkan ruangan. 

"Jadi, itu baru mulai acara hiburan, jadi setelah pidato-pidato, Pak Wapres pulang, itu (hiburan) muncul. Kami juga langsung pulang," tutur Basuki. 

Basuki pun mengatakan, tak diberitahu oleh panitia terkait adanya tontonan tari perut khas Timur Tengah tersebut. Hingga kini pun Basuki belum tahu siapa yang mengambil video yang menjadi viral di media sosial tersebut.

"Saya enggak ngerti itu siapa yang ngambil (gambar), yang penting kan saya sebagai tamu. Dan Pak Anwar Nasution itu kan senior, sekalian bertemu ekonom. Jadi kami hadir, Pak Wapres saja hadir kok," ujar dia.

Dalam video yang beredar luas di internet dan WhatsApp group itu, tampak seorang wanita dengan rok panjang berwarna merah dengan perut terbuka meliuk-liukkan badannya. 

Video yang berdurasi sekitar 44 detik itu juga memperlihatkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang tertawa, lalu berjalan pergi meninggalkan lokasi. 

"Ya, berarti apes saya lah itu. Itu kan banyak ibu-ibu juga, oh ya sudah (saya putuskan) pulang saja. Kami enggak ngerti kok ada acara itu, enggak ada pemberitahuan. Yang pasti, kami yang diundang, ya hadir," tutur Basuki.