Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 05:58 WIB
  • Benarkah Waralaba Jadi Bisnis Praktis di RI, Ini Ulasannya

  • Oleh
    • Dusep Malik
Benarkah Waralaba Jadi Bisnis Praktis di RI, Ini Ulasannya
Photo :
Pameran usaha franchise atau waralaba

VIVA.co.id – Pandangan bahwa menjadi pengusaha itu susah sepertinya tidak ada lagi pada zaman sekarang. Sebab, semua orang bisa dengan mudah menjadi pengusaha dengan sejumlah kemudahan, referensi, konsultasi usaha hingga seminar usaha franchise atau waralaba.

Melalui konsep usaha franchise atau waralaba dan peluang usaha, setiap orang tidak perlu lagi melalui tahap-tahap sulit dalam usaha, sebab dengan konsep ini setiap orang cukup meneruskan kesuksesan usaha yang sudah dibangun pemberi usaha.

Saat ini, bisnis franchise dan peluang usaha kian diminati masyarakat. Berkembangnya usaha waralaba semakin membuka celah bagi masyarakat untuk menjadi pengusaha. 

Perkembangan industri waralaba pun memberikan dampak positif terutama terhadap penyerapan tenaga kerja dan juga membekali tenaga kerja tersebut dengan keterampilan yang memadai.

Untuk itu, guna mendorong peningkatan industri waralaba di Indonesia sejumlah pameran franchise dan peluang usaha diadakan setiap tahunnya yaitu Info Franchise Business Concept (IFBC) 2017.

Kali ini tema yang diangkat dalam IFBC 2017 adalah 'Saatnya Ciptakan Peluangmu’ yang bertujuan mengangkat perkembangan usaha franchise dan peluang usaha dalam negeri dapat bersaing dengan merek luar di era Masyarakat Ekonomi Asean serta menumbuhkan ekonomi kerakyatan. 

Adapun Kota Semarang akan menjadi tuan rumah IFBC 2017 dalam waktu dekat ini, yaitu pada 11-13 Agustus 2017 di Gedung Wanita Semarang, Jalan Sriwijaya No.29 Semarang, Jawa Tengah. 

Pameran IFBC di Semarang ini memasuki tahun ke-13 dan kali ke-138 untuk Kota Semarang sejak 2005 lalu. NEO Organizer selaku penyelenggara pameran bersama Majalah Franchise Indonesia dan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), serta didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia hadirkan berbagai referensi peluang bisnis berupa franchise, peluang usaha, keagenan atau kemitraan. 

Adapun berbagai usaha ternama yang akan hadir dalam pameran tersebut adalah Indomaret, RJ Steel, Sari Roti, Air Minum Biru, Bakso Kepala Sapi, Camcaw, Bakso Desa, Mie Ayam Abu Fawwaz, Pringsewu Resto, Bakso Tulang Muda, Mie Kota Batavia, Golden Telor, Mie Pasar Baru Jakarta.

Kemudian, adalah lagi Lion Parcel, Shop and Drive, Simply Fresh Laundry, Primagama, UC MAS Education, Ednovation, Laundry Klin, Galeri BeTravel, JNE Express, Asosiasi Franchise Indonesia dan Majalah Franchise Indonesia.

Selain Semarang, sebelumnya, acara ini sempat digelar selama tiga hari di Thamrin Plaza Medan, 21-23 Juli 2017. Dalam pameran ini para peserta memperluas wawasan waralaba yang dimilikinya melalui seminar khusus. Peserta juga berkonsultasi usaha pada stand Klinik Bisnis Kementerian Perdagangan dan berdiskusi langsung dengan pelaku usaha lainnya.