REI DKI Susun Cetak Biru Pembangunan Rumah Jakarta

Pameran Properti
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Daerah, atau Musda Real Estate Indonesia DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 23 Agustus 2017, DPD REI DKI Jakarta yang memiliki 400 anggota, menyelenggarakan tiga agenda penting:

Jokowi Tawarkan 34 Ribu Hektare Lahan IKN ke Pengusaha Real Estate: Gak Ada Gratisan!

1. Penyusunan cetak biru (blue print) pembangunan perumahan Jakarta 2017-2022.

Ketua DPD REI DKI Jakarta, Amran Nukman, seperti dikutip dari keterangannya, Jumat 11 Agustus 2017, menjelaskan, Musda REI DKI Jakarta di samping akan mengadakan Pemilihan Pengurus Baru 2017-2022, juga mempunyai agenda penting, yaitu menyusun Blue Print Pembangunan Perumahan Jakarta 2017-2022, yang akan disampaikan sebagai masukan kepada Gubernur DKI Jakarta.

Joko Suranto, Crazy Rich Grobogan Jadi Calon Tunggal Ketua Umum REI

Cetak biru tersebut, lanjutnya, akan diserahkan kepada pemerintah Propinsi DKI Jakarta seusai Musda. Hasilnya, nanti berupa rekomendasi tentang konsep pembangunan perumahan di DKI Jakarta yang ideal sesuai kebutuhan masyarakat.

“Untuk itu, kami akan mengundang Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Gubernur Jakarta terpilih 2017-2022, Anis Baswedan,” terangnya soal Musda REI DKI Jakarta yang memilih tema 'Jakarta Yang Ramah Investasi Realestat Untuk Kesejahteraan Rakyat'.

REI Sebut UU Cipta Kerja Jadi Tantangan Utama Sektor Properti di Tahun 2023

Ketua Kehormatan REI Lukman Purnomosidi juga menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya, upaya REI DKI untuk memberikan masukan Pemda DKI Jakarta dalam bentuk Blue Print Pembangunan Perumahan di Jakarta adalah langkah cerdas dan perlu diapresiasi.

“Saya berharap, Pembangunan Perumahan dan Properti di Jakarta dapat menjadi pemicu kembali ke gairahan investasi di Jakarta. Kita ketahui bersama, sektor properti punya efek berganda menggerakkan lebih dari 100 industri dan jasa-jasa terkait,” jelasnya.

2. Realestate Creative Awards (RCA), Ajang Penghargaan Kreativitas Pengembang

Anugerah RCA diberikan kepada perusahaan pengembang, lembaga perbankan, institusi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat dan stakeholders. Kegiatan yang akan dibuka Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Luwansa, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Ajang RCA perdana ini mengusung tema “Creativity, Innovation & Acceleration”. Tema ini sejalan dengan komitmen pelaku real estate, perbankan dan stakeholders untuk selalu memberikan produk yang terbaik bagi masyarakat di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.
“Kami berharap ajang RCA terus memacu kreativitas dan inovasi bagi pengembang dalam menumbuhkembangkan industri real estate sebagai lokomotif perekonomian nasional,” ungkap Amran.

Pemimpin Redaksi Majalah Indonesia Housing, Zal Hanif menjelaskan, RCA 2017 ini merupakan momentum untuk terus melakukan pembaharuan. Ajang ini akan menjadi sebuah pertaruhan, karena bisa menjadi tolak ukur dan benchmark prestasi proyek, apalagi karena bekerja sama dengan asosiasi pengusaha properti utama nasional, seperti REI.

“Moment RCA ini kami persiapkan sebagai event akbar terbaik, bagi pelaku bisnis real estate dan industri pendukungnya. Tanpa inovasi, bisnis real estate akan mati. Karena itu, para pelaku yang sudah berbuat dan kami nilai berprestasi perlu diapresiasi,” jelas Hanif.

Sementara itu, salah seorang anggota Dewan Juri HarieGanie menyebutkan bahwa penyelenggaraan RCA 2017 sangat bermanfaat bagi pengembang sebagai wahana dalam mengukur sejauhmana inovasi yang dilakukan diterima masyarakat. RCA 2017, menurutnya, mencoba menghargai hasil karya tersebut.

3. Pameran properti; Unjuk Kinerja Untuk Menggerakkan Ekonomi Sektor Real

Pameran bertajuk Indonesia Property Expo 2017 ini bertujuan selain sebagai forum unjuk kinerja pengembang, juga dimaksudkan untuk mendorong Sektor Properti kembali bergairah, sehingga mampu menggerakkan sektor real yang saat ini sedanglesu.

“Harapan kami, investasi ke depan makin bergairah baik untuk perumahan komersial maupun bersubsidi, sehingga ekonomi makin bertumbuh,” ungkap Amran.

Pameran yang rencananya dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo tersebut akan berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan 20 Agustus 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) hall A dan B.

Kegiatan Indonesia Property Expo 2017 diprakarsai oleh REI DKI Jakarta, bekerja sama dengan PT Ad-house Indonesia Cipta dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Indonesia property Expo menampilkan sebanyak 845 proyek di berbagai lokasi seluruh Indonesia.

Tidak hanya menampilkan proyek properti mewah, namun juga perumahan bersubsidi program pemerintah dengan harga jual mulai Rp126 juta.

Kehadiran sejumlah pengembang rumah bersubsidi di pameran kali ini, menurut Amran, adalah wujud nyata dukungan pengembang REI pada program sejuta rumah yang digagas pemerintah, khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya