Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 13 Agustus 2017 | 15:02 WIB
  • Tol Bawen-Salatiga Resmi Dibuka Akhir Agustus

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Tol Bawen-Salatiga Resmi Dibuka Akhir Agustus
Photo :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Persiapan Tol Bawen Salatiga untuk Lebaran 2017.

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan, ruas tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga akan diresmikan pada Agustus ini. Saat ini ruas tol yang terkenal dengan latar pemandangan indah itu masih menunggu keluarnya sertifikat uji kelayakan.

Basuki menyebut, uji kelayakan telah dilakukan beberapa waktu lalu. Ia menyebut sertifikat uji kelayakan akan keluar bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2017.

"Kalau laik, tanggal 28 Agustus 2017 dibuka resmi untuk masyarakat," kata Basuki usai menghadiri Festival Jalan Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Minggu, 13 Agustus 2017.

Ruas tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,59 Kilometer kini telah rampung pengerjaannya. Pada momentum arus mudik dan balik Lebaran beberapa waktu lalu, tol ini juga telah dibuka untuk sementara. 

Saat momentum mudik lalu, ruas tol sempat mendapatkan perhatian publik dengan keindahannya. Titik keindahan berada di gerbang tol Salatiga yang memiliki latar gunung Merbabu. Gerbang tol itu bahkan banyak disebut sebagai gerbang tol terindah di Indonesia. Selain itu, keindahan juga tampak di ruas jembatan Tuntang. 

PT Jasa Marga dan PT Trans Marga Jateng hari ini sengaja membuat event khusus menyambut dibukanya tol panoramik tersebut. Festival jalan tol digelar dengan melibatkan masyarakat untuk bersepeda dan acara jalan sehat yang diikuti 5.000 orang.

Direktur Utama PT Jasa Marga mengatakan, usai festival, masyarakat sudah tidak boleh masuk ke area tol. Mereka juga tidak diperkenankan berhenti sembarangan apalagi hanya karena ingin berswafoto.