Penampakan Kereta Bandara yang Mulai Beroperasi November

Kereta Bandara.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id –  PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dapat beroperasi pada November 2017. Progres pembebasan lahan yang memakan waktu cukup lama akhirnya dapat diselesaikan oleh perseroan pada Juli lalu. 

Layanan Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Dihentikan Sementara

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, meski status tanah sudah bebas, namun masih ada pekerjaan finishing atau perampungan seperti pengurukan tanah dengan perkiraan sampai delapan meter. Dia pun menjelaskan, saat ini, satu trainset Kereta Bandara buatan PT Inka telah hadir di Balai Yasa Manggarai.

"Pada hari ini satu trainset kereta bandara sudah ada di sini. Yang rencananya akan berturut-turut bulan September akan berdatangan. Ada 10 set, satu set ada enam kereta," ujar Edi di Balai Yasa, Selasa 15 Agustus 2017.

Penumpang di Bandara Soekarno Hatta Terus Meningkat

Interior kereta Bandara.

Interior

Daftar Maskapai Batalkan Penerbangan dari dan ke Bali

Ia mengatakan, pihaknya masih optimis kereta ini bakal dapat dioperasikan pada November 2017. 

"Harapan kami tidak muluk, tapi berharap tahun ini harus operasional. Target optimisnya adalah November, tetapi kami akan mengejar secepatnya supaya bisa beroperasi," tutur dia. 

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan ada beberapa tempat yang harus dikebut proses pengerjaannya. Ini termasuk pembangunan stasiun di 3 tempat.

"Kita berharap segera selesai di Sudirman, Duri, dan Batu Ceper," ujar dia.

Dia pun menambahkan, dengan hadirnya satu trainset di Balai Yasa Manggarai ini, tentu jadwal pengoperasian kereta dengan muatan 272 penumpang per satu trainset itu dapat selesai pada akhir tahun.

"Kita harapkan bulan Oktober seluruh trainset sudah masuk,"  ujar dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya