Cerita Dirut KAI Jajal Kereta Rel Listrik Produksi 1927

KRL tertua milik PT KAI
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro menjajal Kereta Rel Listrik tertua yang masih ada di Indonesia. Kereta lokomotif ini dibuat sejak 1927, dan umurnya telah mencapai sekitar 90 tahun. Kecepatannya saat dijajal pun masih tinggi, yaitu mencapai 70 kilometer per jam. 

PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

"Berkat tangan-tangan saudara-saudara kita di KAI, dia bisa jalan lagi kecepatannya 70 km per jam, kemarin percobaannya sendiri (hanya lokomotif). Belum, dengan kereta yang lain," kata Edi di Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Selasa 15 Agustus 2017. 

Diungkapkan Edi, kereta lokomotif tersebut masih mampu membawa sekitar tiga rangkaian kereta. Ke depan, kereta tersebut akan digunakan sebagai kereta wisata.

Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB

"Ini bisa jalan, berarti bisa buat wisata nanti di wilayah daop satu, untuk tamasya. Ini 1927, tetapi sudah listrik, ini heritage (warisan)," terangnya.

Edi pun mengaku masih mempertimbangkan, apakah kereta ini akan diuji coba pada ulang tahun PT KAI nanti. Yang jelas, kereta warisan ini akan diberdayakan, agar masyarakat bisa mengenal sejarah kereta api lebih dalam.

Nasib Pembangunan Jalur KRL Commuter Line ke Karawang, Begini Kata Kemenhub

"Loko ini bisa keliling Jakarta. kalau nanti memang kita putuskan bisa, masyarakat biasa bisa naik. Tetapi, barangkali harus daftar dulu kalau dibuka," tutur dia. (asp)

Illustration of Indonesian train (KRL).

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2024