Pemerintah Bingung Keluar dari Jebakan Booming SDA

Jokowi-JK Pakai Baju Adat
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraannya di depan para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah. Pidato tersebut disampaikan dalam rangka peringatan hari Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-72 yang jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2017. 

PKB Berduka, Anggota DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti Meninggal Akibat Kecelakaan di Cipali

Dalam kesempatan itu dia menyampaikan, pemerintah masih berjuang keras untuk terbebas dari jebakan booming sumber daya alam yang telah berakhir saat ini. Hal ini menjadi penting karena ekspor Indonesia masih didominasi oleh komoditas SDA. 

"Kita harus berubah," ujarnya di Gedung DPR, Rabu 16 Agustus 2017. 

PKB Akui Bisa Koreksi Caleg Partainya yang Terjerat Kasus Hukum

Jokowi menceritakan, Indonesia pernah beberapa periode mengalami booming sumber daya alam. Di mana kala itu harga komoditas SDA dibanderol tinggi, sehingga secara besar-besaran diekspor ke luar negeri.

"Setelah selesainya booming migas di tahun 1970an, selesainya booming kayu di tahun 1990an. Era booming mineral juga telah turun tajam," ujarnya menambahkan.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Karena itu, pemerintah mendorong industri hilir untuk terus berkembang. Sehingga produk-produk dalam negeri bisa lebih bernilai tambah. Termasuk untuk komoditas ekspor Indonesia. (mus)

Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ikut UU MD3, Airlangga Tegaskan Golkar Tak Incar Kursi Ketua DPR

Ketum Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan partainya tidak akan mengusulkan revisi Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, dan DPD, dan DPRD (MD3).

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024