Tambang Freeport di Papua Terendam Banjir

Tambang Grasberg Freeport Indonesia di Papua.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan membenarkan kabar yang menyebutkan bahwa tambang milik PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Provinsi Papua, terendam banjir dan longsor. Musibah tersebut, menimpa sejumlah bangunan di wilayah tersebut.

Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Revisi PP Tambang hingga Perpanjangan Kontrak Freeport

“Banjir benar. Kan, dikasih tahu (oleh Freeport Indonesia),” kata Jonan, saat ditemui di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2017.

Jonan mengaku belum memiliki rencana untuk meninjau langsung tambang milik perusahaan multinasional asal Amerika Serikat tersebut. Menurut Jonan, pihak yang lebih memiliki kewenangan untuk meninjau lokasi banjir adalah pemerintah daerah setempat.

Menteri ESDM Optimistis Smelter Freeport Beroperasi Juni 2024

Meski demikian, mantan Menteri Perhubungan itu mengaku telah menginstruksikan kepada manajemen PT Freeport Indonesia di Jakarta, untuk menangani permasalahan tersebut. Hal ini dilakukan, untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

“Sudah kasih tahu ke manajemen Freeport di Jakarta untuk ditangani,” katanya.

Kunjungi Smelter Freeport di Gresik, Menaker Tekankan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jonan menegaskan, apabila musibah tersebut menimpa pemukiman penduduk, hal itu menjadi tanggung jawab anak usaha Freeport MacMoRan tersebut mengganti rugi. Menurutnya, kewajiban tersebut bukanlah kewenangan pemerintah.

“Harus dibenerin kalau sampai rusak. Itu fasilitasnya dia,” ujarnya. (asp)

Gereja dan masjid

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Masjid Baabul Munawwar satu ini menjadi salah satu sebuah masjid yang dibangun pada kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan bumi di daerah pertambangan PT Freeport Papua

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024