Surat VietJet ke Menhub Budi Buka-bukaan soal Bikini

VietJet Air bakal buka penerbangan Jakarta-Ho Chi Minh mulai 20 Desember 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, maskapai penerbangan asal Vietnam, VietJet air sempat membuat heboh karena para pramugarinya berseragamkan bikini saat bertugas. Kini maskapai tersebut resmi akan beroperasi di Indonesia dengan rute Ho-Chi Minh-Jakarta dan sebaiknya. 

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

Kontroversi mengenai seragam bikini itu pun sudah diluruskan oleh pihak-pihak terkait, baik VietJet maupun Kementerian Perhubungan. Ditegaskan, saat beroperasi di Indonesia, pramugari maskapai itu tidak akan menggunakan bikini saat bertugas. 

Hal itu telah disampaikan oleh VietJet kepada Kementerian Perhubungan, melalui surat resminya kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

"VietJet secara tegas memastikan pramugarinya tidak akan menggunakan pakaian seragam bikini dalam penerbangannya ke Indonesia, mereka akan menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan dan adat timur, terlebih Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas beragama Muslim," kata Plt Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hengki Angkasawan, dikutip dari keterangan resminya, Jumat 25 Agustus 2017. 

Di surat itu, VietJet pun menceritakan mengapa dalam berbagai kesempatan beberapa waktu lalu para pramugarinya bertugas dengan berseragamkan bikini. Ternyata, bikini yang digunakan itu bukanlah seragam resmi maskapai tersebut. 

Erick Thohir Pede Sektor Penerbangan Pulih 6-8 Bulan Kedepan

"Bikini yang digunakan pramugari Vietjet yang banyak diberitakan di media massa itu bukan pakaian resmi mereka," tutur Hengki mengutip surat dari VietJet. 

Hengki menyampaikan, bikini tersebut digunakan oleh pramugari VietJet dalam rangka acara tertentu. Tapi, ketika diunggah ke media sosial banyak warga net yang menganggap bahwa bikini itu seragam maskapai ini. 

"(Bikini itu) melainkan dalam kesempatan launching rute mereka dengan kota destinasi bertema pantai," tutur Hengki.

Sebelumnya, Vice President Business Development, Dinh Viet Phuong mengungkapkan hal yang sama. Bikini hanya digunakan pramugarinya untuk rute-rute tertentu. 

"Kami menghargai masyarakat Indonesia, lagi pula penggunaan bikini yang digunakan oleh pramugari kami tidak dilakukan setiap saat, hanya pada momen-momen tertentu saja. Itu pun dilakukan pada rute-rute khusus," tuturnya di Jakarta, Selasa 22 Agustus 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya