Kejar Wisatawan, Landas Pacu Bandara Komodo Diperpanjang

Bandara Komodo, Manggarai, NTT.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Vera Bahali

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia berencana untuk memperluas wilayah Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo. Perluasan akan dilakukan terutama pada landas pacu bandara yang berlokasi di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat itu.

Bandara Dubai Banjir Hebat, Peristiwa Cuaca Bersejarah yang Mengguncang UEA

Kepala Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo, Djarot Subiantoro membenarkan hal tersebut. Landas pacu Bandara Internasional Komodo akan diperpanjang hingga 200 meter.

"Ini sesuai dengan master plan Bandara Komodo dan untuk meningkatkan aspek keselamatan penerbangan. Ini atas instruksi bapak menteri perhubungan," kata Djarot kepada VIVA.co.id, Selasa pagi, 29 Agustus 2017.

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

Ia melanjutkan, pengelola bandara segera melakukan pematokan batas area perluasan untuk proses pembebasan lahan. Tahun depan, rekonstruksi pemanjangan landasan pacu bandara segera dilakukan.

Pemanjangan landasan pacu ini akan mengambil sebagian lahan warga dan jalan raya umum yang sudah dibangun.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemda dan proses pembebasannya nanti oleh pemda juga. Kemenhub hanya menyelesaikan pembayarannya saja apabila lahan tersebut sudah diproses," tutur Djarot.

Sebagai salah satu daerah objek wisata, Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo sudah menjadi perhatian pemerintah pusat. Bandara ini sebelumnya diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 27 Desember 2015.

Saat ini, wilayah Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo seluas 95 hektare dan direncanakan ditambah 15 hektare lagi. Sementara itu, sudah terdapat tiga maskapai penerbangan yang terbang di Bandara Internasional Labuan Bajo yakni Garuda Indonesia, Nam Air, dan Wings Air.

Laporan: Vera Bahali

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya