China Masih Dominasi Plesiran Wisatawan Asing ke RI

Kunjungan Wisatawan ke Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik melaporkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia di Juli 2017, naik sebesar 30,85 persen secara tahun ke tahun, yakni dari 1,03 juta kunjungan menjadi 1,35 juta kunjungan.

Sandiaga Uno Berharap Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Festival Arakan Sahur di Jambi

Sedangkan dibandingkan dengan Juni 2017, atau bulan ke bulan, juga terjadi peningkatan sebesar 21,57 persen, atau dari 1,1 juta menjadi 1,35 juta.

Kepala Badan Pusat Statistik, Suhariyanto mengungkapkan, kunjungan wisman ke Indonesia masih didominasi oleh lima negara besar. Di antaranya adalah China, Australia, Singapura, Malaysia, dan Jepang.

Parade Kapal Hias-Yacht Mewah di Sabang Marine 2024 Pukau Wisatawan Asing

"Kalau kita lihat berdasarkan kebangsaan, komposisinya tidak berubah, bahwa mayoritas wisman masih berasal dari China, jumlahnya pada Juli 2017 adalah 214.573. Artinya, persentasenya adalah 15,88 persen," kata Suhariyanto di kantornya, Senin 4 September 2017.

Ia menjelaskan, posisi kedua diduduki oleh Australia yang sejumlah 117.666, atau 8,71  persen. Kemudian, Singapura yang menempati posisi ketiga dengan jumlah 109.219, atau sebesar 8,08 persen.

Kunjungan Wisman ke RI Januari 2024 Jadi yang Tertinggi dalam 4 Tahun

"Jadi, kalau kita lihat beberapa bulan ini, China selalu menduduki pertama. Sementara itu, Australia dan Singapura, bergeser-geser di posisi kedua dan ketiga," ungkapnya.

Tetapi, sambung dia, intinya ke depan pemerintah memang harus terus berupaya menarik minat wisman dari berbagai negara dengan mempromosikan berbagai spot pariwisata yang sangat banyak di Indonesia.

"Kedatangan terbesar terjadi di bandara Adi sucipto, di sana itu secara month to month mencapai 107,23 persen. Kita tahu di sana, ada beberapa event di Juli yang lalu, misalnya ada event Borobudur International Festival, dan berbagai konferensi internasional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya