RI Butuh 3,5 Juta Kartu E-Money untuk Bayar Tol

Gerbang Tol Otomatis
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Bank Indonesia, Perbankan dan Badan Pengatur Jalan Tol sepakat Oktober 2017 transaksi non tunai di seluruh jalan Tol di Indonesia menggunakan uang elektronik atau e-money.

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

Oleh sebab itu, perbankan sebagai penyedia e-money harus siap-siap kebanjiran pesanan. Vice President Digital Banking and Financial Inclusion Bank Mandiri, Nandan Sandaya mengatakan yang dikhawatirkan dari pelaksanaan adalah masih ada orang yang beli kartu di gerbang Tol.

"Kami dari perbankan juga setuju bahwa khawatir masyarakat punya kebiasaan last minute. Makanya kami gencarkan sosialisasi dan promosi," ujarnya di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta Timur, Jumat 8 September 2017.

Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

Untuk itu, lanjut Nandan pihaknya sebagai pelopor e-money akan menyediakan jumlah uang elektronik lebih banyak. Karena dari lima juta transaksi jalan Tol di Indonesia baru sekitar 1,5 juta yang non tunai, artinya masih ada 3,5 juta yang akan migrasi.

"Caranya yang pertama tentu menambah produksi kartu. Dari Bank Mandiri sendiri menghadapi penerapan regulasi 31 Oktober nanti sedang siapkan 2,5 juta kartu baru. Sebenarnya 2,5 juta adalah jumlah yang kita produksi setahun, tapi karena ini butuh persiapan maka kami tingkatkan," tuturnya.

Prioritaskan Layanan Prima, Transaksi Non Tunai Makin Diandalkan

Selanjutnya, ia juga akan menambah titik top up (pengisian ulang kartu). Kata dia, nantinya top up bisa dilakukan di retailer tempat belanja, rest area dan lain lain.

Selain itu, secara sistem nantinya juga bekerja sama dengan Badan Usaha Jalan Tol dan Bank Indonesia agar pembayaran multi Bank. Ditambah, top up yang sebenarnya lebih mudah adalah menggunakan aplikasi di handphone NFC top up.

Peluncuran Mandiri Contactless Solution

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

Bank Mandiri secara konsisten terus meningkatkan pemanfaatan transaksi non-tunai untuk mendorong efisiensi dan kenyamanan layanan digital nasabah.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023