Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 14:11 WIB
  • 7 Faktor Penting Sebelum Membeli Properti

  • Oleh
    • Daurina Lestari
7 Faktor Penting Sebelum Membeli Properti
Photo :
  • www.kemenpera.go.id
Ilustrasi rumah

VIVA.co.id – Dalam membeli properti, Anda tidak boleh terburu-buru. Anda harus mempertimbangkan lokasi, nilai pasar, dan perencanaan keuangan.

Jika Anda ingin membeli hunian, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal tersebut sebelum memutuskan untuk membeli hunian yang terbaik untuk Anda.

Berikut, tips yang harus diperhatikan sebelum membeli suatu hunian, seperti dilansir dari Home and Decor, Selasa 12 September 2017.

1. Cari tahu secara keseluruhan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu berapa harga pasar hunian Anda dalam tiga tahun terakhir.

2. Pikirkan secara matang

Jangan membeli properti, karena bujukan dari marketing. Penting bagi pembeli mengetahui bagaimana keadaan pasar baik di masa lalu dan di masa yang akan datang.

Pikirkan dengan baik sebelum mengambil keputusan. Banyak orang yang salah mengambil keputusan karena terlalu terburu-buru dalam membeli dan kurangnya mencari informasi.

3. Pikirkan untuk jangka panjang

Sangat penting memiliki rencana jangka panjang, jika Anda menginginkan hasil yang terbaik. Pikirkan berapa lama Anda akan tinggal di hunian tersebut, apa yang dibutuhkan oleh keluarga Anda dalam jangka panjang. Penting untuk menyisihkan 40 persen dari penghasilan ke dalam tabungan Anda.

4. Pikirkan, apakah ini langkah yang tepat untuk Anda?

Cari tahu mengenai kondisi wilayah sekitar Anda, apa yang dapat, dan apa yang anda tidak dapat lakukan. Itu merupakan hal penting untuk mencari tahu berapa biaya bulanan yang perlu Anda keluarkan.

Jangan takut untuk bertanya lokasi toko swalayan di sekitar hunian Anda. Anda perlu mengetahui secara terperinci bagaimana aspek hukum mengenai pembelian hunian Anda.

5. Anda harus mengetahui informasi mengenai properti Anda

Anda harus mengetahui mengenai lokasi secara terperinci, seperti lokasi pembangunan, berapa luas area kamar tidur, balkon, dan seluruh area hunian Anda. Termasuk, area perbatasan wilayah Anda, dan aturan jual beli hunian Anda.

6. Berapa banyak yang harus Anda pinjam?

Hitunglah total pengeluaran per bulan Anda untuk membayar kredit rumah menyesuaikan umur Anda. jika saat ini Anda berusia 30 tahun Anda dapat memperkirakan pengeluaran untuk 30 tahun ke depan. Jika Anda 50 tahun Anda dapat memperkirakan untuk 10 tahun ke depan.

7. Anda harus mengetahui secara rinci dana pengeluaran

Hal-hal yang harus diperhatikan seperti biaya harga beli dikurangi dengan pinjaman bank. Biaya-biaya lainnya seperti pajak bagunan, biaya pemesanan, dan saldo uang muka hunian Anda.

Laporan: Ayu Utami Paramitha