Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 09:27 WIB
  • Persiapan BCA Jelang Transaksi Non Tunai di Jalan Tol

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar,
    • Chandra G. Asmara
Persiapan BCA Jelang Transaksi Non Tunai di Jalan Tol
Photo :
  • REUTERS/Beawiharta
Bank Central Asia catatakan keuntungan

VIVA.co.id – Mulai 1 Oktober 2017 mendatang, seluruh transaksi pembayaran di gerbang tol sepenuhnya dilakukan secara non tunai dengan menggunakan uang elektronik. Pemberlakuan transaksi tersebut diharapkan akan mempercepat proses pembayaran di ruas jalan tol.

Sejauh ini, uang elektronik yang bisa digunakan di seluruh ruas jalan tol adalah e-Money Bank Mandiri, TapCash Bank Negara Indonesia, dan BRIZZI Bank Rakyat Indonesia. Meski demikian, uang elektronik BCA, Flazz nantinya bisa digunakan sebagai alat pembayaran di seluruh gerbang tol.

“Sejauh ini sudah terpasang untuk beberapa ruas dalam kota. Lingkar luar, dan lain-lain. Semoga bertahap. Beberapa siap dioperasikan, tinggal menunggu administrasi,” kata Direktur BCA Santoso saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jakarta, Rabu 13 September 2017.

BCA, kata Santoso, telah mempersiapkan 1,5 juta kartu Flazz baru yang akan disebar ke berbagai titik. Sesuai dengan kesepakatan dengan Bank Indonesia bersama bank penerbit kartu elektronik lainnya, BCA pun memastikan akan memberikan diskon 50 persen bagi pembeli kartu Flazz baru.

“Kami sudah melakukan bersama bank lain. Jika diperpanjang, tentu kami lakukan,” katanya.

Santoso mengaku yakin, Flazz BCA sudah bisa digunakan di seluruh ruas jalan tol pada 1 Oktober 2017 mendatang. Proses kesiapannya, kata dia, pun sejauh ini tidak mengalami hambatan, dan siap untuk melayani kebutuhan masyarakat, khususnya pengguna Flazz BCA.

“Masih on schedule akhir Oktober 2017 siap. Kami ingin mendidik masyarakat, bahwa keterlibatan sistem pembayaran butuh kebersamaan, bukan hanya tanggung jawab bank dan pemerintah,” ujarnya.