PR Budi Sadikin, Pimpin Holding BUMN Hingga Caplok Freeport

Dirut Inalum, Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Seomarno secara resmi mendapuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium. Budi yang dalam satu tahun terakhir menjadi Staf Khusus Menteri BUMN tersebut menggantikan Winardi Sunoto yang sebelumnya menjabat posisi tersebut.

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

Lantas, apa alasan Menteri RIni mengangkat mantan bankir tersebut?

“Beliau sangat capable, pernah menjadi direktur Mandiri. Kami melihat beluai memiliki kemampuan,” kata Rini di Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Dari Indonesia untuk Dunia, MIND ID, Holding Industri Tambang Mainkan Peran Inti Hilirisasi

Rini bahkan mengaku memang sengaja mempersiapkan Budi  sebagai bos perusahaan tambang nasional tersebut. Apalagi, perusahaan tersebut tidak lama lagi akan menjadi induk perusahaan pelat merah gabungan untuk sektor pertambangan.

“Pada dasarnya Inalum ini akan menjadi holding tambang. Memang (penunjukan Budi) sengaja dipersiapkan,” kata Rini.

Selesaikan PUT 2, Bumi Resources Minerals Ekspansi Bisnis

Budi, ditegaskan Rini, pun sudah lama mengenal betul seluk beluk sektor pertambangan ketika menjadi Staf Khusus Menteri BUMN. Bahkan, Rini menyebut pria tersebut selama ini telah bekerja sama dengan pemerintah, berkaitan dengan divestasi Freeport Indonesia.

“Beliau ini telah menjadi staf khusus saya, dan selama ini juga bekerja sama erat dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan untuk mempersiapkan sehubungan dengan divestasi Freeport,” tegasnya.

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

PT VKTR Teknologi Mobilitas memperkenalkan EV Mining Truck atau truk listrik untuk industri pertambangan sebagai terobosan baru dalam Pameran Indonesia Mining Exhibition.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023