Revitalisasi Pasar Johar Semarang Dapat Pengakuan Dunia

Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Kota Semarang, Jawa Tengah meraih penghargaan internasional dalam desain penataan kota terbaik atau Best Urban Design. Penghargaan itu diberikan kepada Wali Kota Semarang Hendra Prihadi. 

Ada Keberatan Takmir Masjid Agung, Prabowo Tetap Akan ke Semarang

Penghargaan SIP Planning Awards itu diterima Wali Kota di Singapura kemarin. Semarang sendiri meraih penghargaan atas desain revitalisasi Pasar Johar, yang mulai dibangun kembali setelah terkena musibah kebakaran hebat pada 2015 silam. 

Desain pembangunan kembali pasar Johar dianggap sebagai yang terbaik karena berorientasi pada pengadaan lahan hijau serta menaruh perhatian pada pejalan kaki. Hal tersebut dilakukan dengan merencanakan pengembalian struktur alun-alun yang hilang.

Terduga Pelaku Pembakaran Mobil di Jateng Terekam CCTV

"Penghargaan ini menjadi bukti bahwa konsep perencana tata kota Semarang telah sesuai dengan pakem penataan kota-kota maju di dunia, " kata Hendra, Jumat, 22 September 2017.

Pada 2017 sendiri, ada empat pihak yang ditunjuk sebagai juri penerima penghargaan tersebut. Mereka adalah W.Paul Farmer selaku mantan ketua American Planning Association, Fong Chun Wang selaku Deputi CEO of HDB, Hwang Yu Ning selaku Direktur Permukiman Kantor Perdana Menteri Singapura, dan Mohinder Singh, Dekan LTA Academy Singapura.

Polda jateng Turunkan 1.200 Personel Buru Pelaku Pembakaran Mobil

Penghargaan internasional ini menjadi yang kedua diterima Kota Semarang. Pada 2014 lalu, Hendrar juga pernah mendapatkan penghargaan internasional dalam ajang Socrates Award di Italia. Kala itu ia dinobatkan sebagai 'Best City Manager' atau Manajer Kota Terbaik atas pertumbuhan ekonomi Kota Semarang yang sangat pesat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo Ingin Ada LRT Solo-Yogyakarta

Dia pun mendukung pembangunan LRT di Semarang.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2019