Pipa Transmisi Gas Gresik-Semarang Ditargetkan Selesai 2018

Ilustrasi/ Pemasangan pipa gas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Slamet Agus Sudarmojo

VIVA.co.id – PT Pertamina optimistis pembangunan proyek pipa transmisi gas ruas Gresik, Jawa Timur hingga Semarang, Jawa Tengah rampung pada pertengahan 2018. Pertamina, melalui anak perusahaan PT Pertamina Gas (Pertagas), tengah menyelesaikan pembangunan pipa transmisi gas ruas Gresik-Semarang tersebut sepanjang 267 kilometer (km), dengan nilai investasi sekitar US$515,7 juta. 

Klarifikasi: Api di Rest Area Cipali Bukan Dari Pipa Pertamina

"Saat ini, kemajuan EPC sudah mencapai 85 persen, sehingga diperkirakan proyek ini akan onstream pada pertengahan 2018," kata Direktur Utama PT Pertamina, Elia Massa Manik, dalam keterangannya, Senin 25 September 2017.

Pipa transmisi Gresik-Semarang direncanakan mengalirkan gas bumi dari Lapangan Jambaran Tiung Biru, Jatim, yang dikembangkan anak perusahaan Pertamina lainnya, PT Pertamina EP Cepu (PEPC).

Pipa Minyak Blok Rokan Kini Alirkan 160 Ribu Barel per Hari, Perkuat Kinerja Pertagas

Pada Senin ini, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah meresmikan peletakan batu pertama (ground breaking) megaproyek pengembangan gas Lapangan Jambaran Tiung Biru.

Menurut Elia, pipa transmisi gas Gresik-Semarang berdiameter 28 inchi ini mampu mengalirkan gas hingga sebesar 500 juta kaki kubik per hari (million metric standar cubic feet per day/MMscfd).

Pipa Migas Rokan Mulai Beroperasi, 147 Ribu Barel Minyak per Hari Tersalurkan

Proyek pipa Gresik-Semarang juga dilengkapi dengan 19 future connection, sehingga bisa menyalurkan gas bagi industri di tujuh kabupaten/kota di sepanjang Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terlewati pipa.

"Dengan demikian, pipa transmisi ini akan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di koridor Jateng-Jatim," ujarnya. (ren)
 

Infrastruktur PT Pertamina Gas (Pertagas)

Resmi 17 Tahun Berkiprah, Pertagas Mulai Kembangkan Potensi Bisnis Petrokimia dan Energi Bersih

PT Pertamina Gas (Pertagas), bagian dari Subholding Gas Pertamina akan mulai mengembangkan potensi bisnis baru, setelah tepat 17 tahun berkiprah

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024