12 Proyek Strategis Ini Ditawarkan ke Negara Asia dan Eropa

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menawarkan 12 proyek strategis pemerintah RI dalam pertemuan bilateral dengan sembilan negara di sela-sela Asia-Europe Meeting (ASEM). 

Menhub: Transportasi Jakarta Tak Mungkin Dibiarkan Sendiri

Gelaran Asem ke-4 tahun ini diselenggarakan pada tanggal 26 – 28 September 2017, di Nusa Dua, Bali. Kesembilan negara yang ikut dalam pertemuan tersebut adalah Jepang, RRT, Polandia, Hongaria, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, proyek yang ditawarkan adalah Makassar New Port, produk terminal 1 dan 2 Pelabuhan Kalibaru, Pelabuhan Kijing, Pelabuhan Sorong (Papua Barat), dan Kanal Cikarang-Bekasi-Laut (CBL). Kemudian, pelabuhan Tanjung Carat, Bandara Kualanamu, Bandara Internasional Lombok, Kereta Api Makassar-ParePare, Light Rapid Transit (LRT) Bandung, dan Trem Surabaya
 
"Saya akan menawarkan investasi dalam pertemuan bilateral nanti," ujar Menhub dikutip dari keterangan resminya, Selasa 26 September 2017.

Menteri Perhubungan Berterus Terang 1,5 Juta Orang Lolos Mudik

Budi rencananya akan bertemu dengan perwakilan dari Jepang untuk membahas beberapa proyek transportasi yang sedang berjalan ataupun yang masih dalam tahap perencanaan.
 
"Nanti dengan Jepang saya akan membahas perkembangan Pelabuhan Patimban, perkembangan Mass Rapid Transit (MRT), perkembangan Light Rapid Transit (LRT) dan High Speed Train Jakarta – Surabaya," ujarnya menambahkan.
 
Kemudian dengan Filipina lanjut Budi, akan membahas vokasi atau training pelaut Indonesia dan tindak lanjut Roro rute Bitung, Indonesia - Davao, Filipina.
 
"Seperti kita ketahui kualitas pelaut-pelaut Filipina sangat bagus, untuk itu akan sangat baik sekali bila pelaut Indonesia mendapatkan pelatihan dengan negara Filipina. Sedangkan untuk Roro Bitung - Davao akan kita samakan persepsi agar rute tersebut dapat berlayar dengan terjadwal."
 
Sementara itu, dengan Tiongkok akan dibahas perkembangan proyek infrastruktur transportasi yang melibatkan Tiongkok hasil dari One Belt One Road (OBOR). Yaitu infrastruktur di Sumatera Utara, Kalimantan dan Sulawesi Utara. 

Sedangkan, dengan beberapa negara lainnya akan dibahas isu Intelegent Tansport System dengan Korea Selatan. Isu Non-Convention Vessel Standard (NCVS) dengan negara Malaysia, kerja sama transportasi udara dan laut dengan Singapura, dan menawarkan proyek-proyek strategis transportasi dengan Hongaria dan Polandia, juga akan dilakukan. (mus)

Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Antisipasi Arus Balik Lebaran
Menhub Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke Jakarta Utara

Gaya Menhub Budi Karya Bernyanyi dan Gitaran di Kapal Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau aktivitas kapal penumpang di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke Jakarta Utara. Ia bernyanyi lagi Koes Plus.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2022