Indeks Daya Saing RI Naik Lima Peringkat, Kini Urutan 36

Presiden Joko Widodo saat pidato di World Economic Forum di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Di tengah kontroversi lesunya daya beli masyarakat pertengahan tahun ini, World Economic Forum (WEF) justru memberi penilaian bagus atas Indonesia. Berdasarkan haisl survei peringkat daya saing global 2017-2018, Indonesia naik lima peringkat – dari 41 menjadi 36 tahun ini.

Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra Awali 2023 Sebagai Peringkat 1 dan 2 Dunia

Menurut laporan WEF 2017-2018 pada Kamis, 28 September 2017, naiknya daya saing Indonesia sebesar lima peringkat itu mirip dengan yang dialami Korea Selatan – yang meningkat di semua pilar.

Dari sejumlah indikator, terlihat pasar Indonesia yang besar dan kondisi ekonomi makro yang kuat menjadi pendorong naiknya daya saing Indonesia. Selain itu, inovasi dan perbaikan sisi bisnis menjadi perhatian dunia.

Timnas Wanita Indonesia Naik ke Peringkat 97 di Ranking FIFA

"Indonesia menjadi salah satu dari inovator teratas di antara sejumlah negara berkembang di dunia tahun ini," sebut laporan tersebut.

Namun, WEF juga menyebut sejumlah kelemahan yang perlu dibenahi Indonesia. Di antaranya, Indonesia masih tertinggal jauh dari sisi teknologi dengan ranking 80, meskipun dalam hal ini sudah ada kemajuan.

Di Forum WEF, Jokowi Promosi Investasi di Indonesia Banyak Insentif

Selain itu, dari sisi efisiensi pasar lapangan kerja, Indonesia masih tercatat di peringkat 96 dengan skor yang sangat rendah yaitu 3,9 dari 137 negara. Di mana masalah tersebut terlihat dari sisi fleksibilitas penentuan upah dan rendahnya perempuan dalam jumlah angkatan kerja.

Sementara itu, untuk indeks daya saing global teratas masih diduduki oleh Swiss dengan skor 5,86. Sedangkan di posisi kedua adalah Amerika Serikat dengan skor 5,85 dan berhasil menggeser Singapura menjadi diperingkat ketiga dengan skor 5,7. (ren)

Hasil pemeriksaan rontgen paru-paru terdapat tuberkulosis

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Jumlah kasus TB di Indonesia diperkirakan sebanyak 1.060.000 dan terdapat 134 ribu kematian akibat TB per tahunnya, atau 17 orang yang meninggal akibat TB setiap jamnya.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024