Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 13:13 WIB
  • Empat Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

  • Oleh
    • Dusep Malik
Empat Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan di Luar Negeri
Photo :
  • Pixabay/ niekverlaan
Ilustrasi mencari kerja

VIVA.co.id – Setiap orang ingin mencari perubahan dan pengalaman hidupnya setiap kali. Dan, cara itu bisa dilakukan dengan melakukan perjalanan jauh dan berharap dapat pengalaman baru.  

Namun, ada beberapa orang, justru ingin mendapatkan sesuatu lebih permanen. Yaitu, bekerja di luar negeri untuk mencari kesempatan baru dan mencoba merasakan pengalaman yang berbeda.

Dilansir dari Business Insider, Senin 2 Oktober 2017, CEO Pasar Teknologi Internasional Jobbatical, Karoli Hindricks mengatakan, bekerja di luar negeri bagus untuk orang yang ingin merasakan pengalaman baru dan keluar dari zona nyaman.

Tetapi, untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri tersebut, diakui sedikit lebih rumit dibandingkan menjadi kerja di dalam negeri. Sehingga, perlu sejumlah trik untuk mendapatkannya.

Berikut, adalah beberapa tip tentang cara bepergian ke luar negeri untuk mencari pekerjaan:

1. Lakukan riset

Jebakan terbesar apa yang cenderung muncul saat mencoba bekerja di luar negeri? Bagi Hindricks, jawabannya jelas, yaitu kurangnya penelitian.

Sebab, dengan penelitian Anda bisa mengetahui panduan apa yang mesti disiapkan saat berencana mencari pekerjaan di negara tersebut. Seperti dalam melihat kebijakan imigrasi, pajak, dan kesehatan negara tersebut.

Terlebih negara seperti Malaysia, Jerman, Belanda, Portugal, Austria, Polandia, dan Singapura akan memudahkan pelamar yang terampil untuk mendapatkan izin kerja.

2. Tunjukkan antusiasme Anda

Antusiasme hampir selalu menjadi nilai tambah dalam hal pencarian pekerjaan. Tetapi, jika Anda mencari pekerjaan di luar negeri, Anda harus memastikan bahwa mengartikulasikan semangat itu dengan cara yang tepat.

"Ketika seseorang mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa satu-satunya alasan mereka ingin bergabung adalah mereka ingin tinggal, katakanlah Barcelona, well, itu adalah kesempatan besar bagi manajer perekrutan," kata Hindricks.

Ingat, bisnis adalah bisnis di seluruh dunia. Jangan memperlakukan mencari pekerjaan di negara tertentu seperti merencanakan liburan yang menyenangkan.

"Kebanyakan orang di dunia, menghabiskan setengah dari waktu bangun mereka untuk membangun sesuatu yang penting bagi mereka," kata Hindricks.

3. Gunakan media sosial untuk dimanfaatkan dengan baik

Pertimbangkan memanfaatkan media sosial untuk mencari peluang di luar negeri. Seperti menjelajahi LinkedIn, untuk menemukan koneksi yang bisa memberi saran pada pekerjaan di salah satu belahan dunia.

Anda juga dapat menentukan lokasi di fitur pencarian pekerjaan Facebook, untuk mencari pekerjaan di tempat tujuan yang Anda inginkan.

4. Periksa bias budaya Anda

Sebelum Anda memasukkan diri ke dalam pencarian kerja internasional, pastikan dulu untuk memoles beberapa budaya yang Anda miliki untuk bisa masuk ke dunia pekerjaan internasional.

"Kita cenderung lupa bahwa kita semua memiliki bias budaya, dan masalah komunikasi bisa muncul karena mereka," kata Hindricks.

Untuk itu, ia merekomendasikan membaca "Peta Budaya" Erin Meyer, untuk mengidentifikasi dan memeriksa bias budaya sendiri.

"Jangan pindah ke luar negeri, jika Anda ingin menemukan sesuatu yang persis seperti rumah yang mereka miliki," kata Hindricks. (asp)