Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 17:03 WIB
  • Harga BBM di Pulau Seram Saat ini Sama dengan Jakarta

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar,
    • Fikri Halim
Harga BBM di Pulau Seram Saat ini Sama dengan Jakarta
Photo :
  • REUTERS/Beawiharta
Ilustrasi/Pengisian bahan bakar minyak (BBM)

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan satu titik lokasi terbaru penyalur bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Indonesia. Saat ini beli BBM di Maluku sudah sama harganya dengan di Jakarta.

Lembaga penyalur BBM itu berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Mini di Dusun Wailey, Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Provinsi Maluku yang menjadi titik ke-25 terwujudnya BBM satu harga. 

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Ego Syahrial mewakili Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan SPBU tersebut bersama otoritas terkait lainnya. Dalam kesempatan itu ditegaskannya BBM satu harga merupakan agenda prioritas pemerintah. 

"Semangatnya sangat jelas, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. Alhamdulillah, Puji Tuhan, masyarakat di Amalatu akhirnya bisa menikmati BBM dengan harga yang sama dengan saudara-saudara kita di pulau Jawa," ujar Ego dikutip dari keterangan resminya, Senin 2 Oktober 2017. 

Ego menjelaskan, sebelumnya warga di Kecamatan Amalatu harus menempuh jarak sejauh 50 kilometer untuk membeli BBM, dengan harga berkisar antara Rp10-12 ribu per Liter. Kini, warga dapat memperoleh BBM dengan harga Rp6.450 per liter untuk Premium dan Rp5.150 per liter untuk Biosolar.

"Warga Kecamatan Amalatu tidak perlu lagi menempuh jarak sejauh 50 kilometer untuk membeli BBM. SPBU Mini Amalatu menyediakan BBM jenis Premium dengan harga Rp6.450 per liter dan Rp5.150 per liter untuk Biosolar," tegas Ego. 

Ego melanjutkan, pihaknya telah mulai melakukan pemetaan lokasi sasaran BBM satu harga dengan BPH Migas dan juga PT Pertamina. Dalam waktu dekat, ada dua titik lagi yang akan diresmikan.

"Untuk wilayah Maluku, setelah Seram Bagian Barat, akan ada dua kabupaten lain yang didirikan lembaga penyalur BBM, yaitu Buru dan Kepulauan Aru," lanjut Ego.

Seperti diketahui, sesuai peta jalan atau roadmap BBM Satu Harga, pada  2017 akan didirikan 54 lembaga penyalur. Hingga saat ini telah beroperasi 24 lembaga penyalur, dan Amalatu adalah yang ke-25. 

Total kapasitas BBM di SPBU Mini Amalatu adalah sebesar 60 kiloliter (kl), dengan rincian 20 kL untuk Premium, 20 kl Pertalite, dan 20 kl Biosolar. BBM disalurkan secara langsung kepada konsumen pengguna dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.