Geopolitik Korea Utara Bikin Sri Mulyani Galau

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku jauh lebih mengkhawatirkan situasi geopolitik yang terjadi di Korea Utara dibandingkan kebijakan yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat, di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump. Kekhawatiran bendahara negara tersebut, bukan tanpa alasan.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

“Sebenarnya, saya lebih khawatir situasi geopolitik dan keamanan yang terjadi di Korea Utara. Karena ini benar-benar menciptakan ketidakpastian di Asia,” kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, Jakarta, Selas 3 Oktober 2017.

Ani menjelaskan, selama ini negara-negara berkembang di kawasan Asia memang menikmati hasil pertumbuhan yang relatif tinggi dibandingkan negara-negara di kawasan lainnya. Kelas menengah yang semakin berkembang, dan situasi yang relatif damai menjadi salah satu penyebab.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Namun, situasi geopolitik yang terjadi di Korea Utara dikhawatirkan akan menganggu laju pertumbuhan negara-negara di kawasan Asia. Apalagi, perekonomian di negara-negara kawasan tersebut selama ini lebih banyak ditopang dari geliat investasi yang meningkat.

“Ini kenapa China, Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan itu bisa mencapai lima persen pertumbuhannya karena investasi. Jika geopolitik dan situasi keamanan terganggu, ini akan berubah,” katanya.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Kunci bagi Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian tersebut, ditegaskan Ani, adalah dengan tetap memperkuat sendi-sendi perekonomian domestik, agar mampu menjaga momentum pertumbuhan. Apalagi, kondisi global bisa saja sewaktu-waktu memengaruhi perekonomian nasional.

“Kita harus tetap make sure, yang di dalam negeri juga akan tetap kuat,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Ilustrasi bendera Korea Utara.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Korea Utara, salah satu negara yang paling terisolasi dan diperintah otoriter di dunia, dipimpin oleh keluarga Kim yang mempertahankan kekuasaannya dengan tangan besi ini

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024