Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 07:48 WIB
  • Tiga Tahun Memimpin, Apa Saja yang Sudah Dibangun Jokowi?

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Chandra G. Asmara
Tiga Tahun Memimpin, Apa Saja yang Sudah Dibangun Jokowi?
Photo :
  • VIVA.co.id/Biro Set Pres
Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono saat meninjau proyek jembatan gantung di Magelang, Senin (18/9/2017)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memberikan mandat khusus kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menggencarkan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Pembangunan-pembangunan tersebut meliputi rumah murah, infrastruktur permukiman, serta konektivitas jalan.

Lantas, apa saja pembangunan yang sudah dicapai Menteri PUPR Basuki Hadimuljono jelang tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla?

Berdasarkan data Kementerian PUPR yang dikutip VIVA.co.id, Kamis 5 Oktober 2017, total jalan yang sudah dibangun dalam tiga tahun terakhir sudah mencapai 2.623 kilometer. Sementara itu, jembatan yang sudah terbangun, saat ini sudah mencapai 8.649 meter.

Sementara itu, pemerintah pun telah berhasil menyelesaikan setidaknya 568 kilometer jalan tol sejak 2015 hingga pertengahan tahun ini, dari target yang ditetapkan hingga 2019 mencapai 1.851 kilometer jalan tol. Khusus untuk tahun ini, panjang jalan tol yang sudah dioperasikan yakni 392 kilometer.

Adapun beberapa ruas-ruas tol yang sudah bisa dioperasikan pada tahun ini di antaranya adalah Gempul-Pasuruan Seksi I (Gempul-Rembang), Akses Tanjung Priok, sampai dengan Semarang-Solo seksi III (Bawen-Salatiga), dan beberapa ruas tol lainnya.

Sementara itu, realisasi program satu juta rumah yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, hingga September tahun ini sudah terealisasi sebanyak 612.402 unit. Pada 2015 dan 2016, realisasi pembangunan satu juta rumah masing-masing sebanyak 699.770 unit dan 805.169 unit.

Beralih pada sektor ketahanan air dan pangan, Kementerian PUPR dalam tiga tahun terakhir juga berhasil menyelesaikan tujuh bendungan dari target yang dicanangkan sejak awal yakni 65 bendungan. Pada tahun ini, pemerintah menargetkan bisa menyelesaikan dua bendungan tambahan.

Pada 2019, pemerintah menargetkan bisa membangun 29 bendungan agar mampu menambah tampungan air sebanyak dua miliar meter kubik. Dari jumlah tersebut, 10 bendungan ditargetkan rampung pada tahun depan, dan 10 lainnya pada 2019.