Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 21:49 WIB
  • Pekerjaan Ini Punya Peran Strategis Datangkan Investor

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Pekerjaan Ini Punya Peran Strategis Datangkan Investor
Photo :
  • REUTERS/Garry Lotulung
Pemerintah tengah genjot proyek-proyek infrastruktur, seperti jalan layang di Jakarta ini.

VIVA.co.id – Konsultan memiliki peran yang strategis dalam menentukan datangnya investor. Hal ini mengingat konsultan merupakan orang pertama yang dimintai pertimbangan sebelum investor melakukan investasi di suatu negara.

Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia, Nugroho Pudji Rahardjo mengatakan, sangat mendukung kehadiran investor asing masuk ke Indonesia.

Menurutnya, kedatangan investor asing sejalan dengan pembangunan berbagai infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah.

Nugroho mengatakan, peran konsultan semakin penting sejalan dengan semakin besarnya investor dari kalangan swasta sebagai sumber pendanaan dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur.

"Dapat dikatakan kalau ini corong yang bagus, karena kami (konsultan) akan memberikan masukan. Enggak ada investor di dunia mau datang berinvestasi tanpa pertimbangan konsultan," kata Nugroho, dalam keterangannya, Kamis, 5 Oktober 2017.

Pemerintah menyediakan sekitar 40 persen pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan berbagai infrastruktur. Sementara itu, sisanya berasal dari badan usaha milik negara dan swasta, lokal maupun asing.

Nugroho menambahkan, investor swasta akan memerlukan bantuan konsultan, baik individu maupun kelembagaan, untuk memberikan pertimbangan dan memfasilitasi mereka dalam kegiatan dan proses investasi yang dilakukan.